GEJALA DAN TANDA TIMBULNYA ANEMIA

Anemia merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Berdasarkan data WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia dan juga data kesehatan Indonesia menunjukan bahwa negara Indonesia sebagai salah satu negara dengan kasus Anemia terbanyak. Hal ini di sebabkan oleh sebagian besar penduduk Indonesia yang mengalami kekurangan zat besi yang merupakan salah satu permasalahan nutrisi terbesar di negara ini. Kategori seseorang dengan resiko tertinggi adalah Ibu hamil, wanita pada masa subur dan Anak-anak.

Pengertian Anemia sendiri adalah penyakit yang timbul ketika pada saat tubuh dalam kondisi kekurangan sel darah merah yang dapat berfungsi dengan baik. Seperti pada data kasus di atas penyebab lain timbulnya Anemia, karena tubuh seseorang mengalami kekurangan zat besi. Dimana zat besi sangat di perlukan pada tubuh seseorang untuk memproduksi komponen sel darah merah yang sering di sebut dalam dunia medis dengan istilah Hemoglobin.

Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut dan menyimpan oksigen dari paru-paru dan di salurkan ke seluruh organ tubuh. Sel darah merah juga dapat berfungsi untuk pembuangan gas karbondioksida dari sel-sel di organ paru-paru. Apabila seseorang mengalami kekurangan sel darah merah, maka hal tersebut akan berdampak pada organ pernapasan seperti penyebaran oksigen ke seluruh tubuh akan terhambat serta pembuangan zat karbondioksida akan terganggu.

ANEMIA DEFISIENSI BESI

Anemia defisiensi besi adalah anemia yang terjadi apabila tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang umumnya terjadi pada kategori segala umur seperti anak-anak, remaja, dewasa dan lansia (lanjut usia). Kasus Anemia termasuk anemia defisiensi besi merupakan jenis penyakit yang kasusnya sebagian besar terjadi di berbagai negara berkembang dan anemia defisiensi besi yang paling sering terjadi.

GEJALA DAN TANDA ANEMIA

Pada penyakit Anemia juga dapat di ketahui dengan mendiagnosis secara medis dengan menganalisa tanda dan gejala yang di alami oleh penderita. Gejala dan tanda pada penyakit Anemia tergantung pada seberapa cepat kondisi dan asupan zat besi tubuh menurun. Terdapat beberapa gejala dan tanda pada penyakit Anemia, antara lain :

- Denyut jantung berdetak cepat
- Terasa sakit pada dada
- Sistem kekebalan tubuh menurun, sehingga rentan terjadi infeksi
- Lidah membengkak dan terasa sakit
- Terasa sensasi kesemutan pada kaki
- Terasa dingin pada kaki dan tangan
- Sesak nafas
- Muka terlihat pucat
- Tubuh terasa lemas, lesu dan kurang berenergi
- Lebih mudah terasa lelah
- Nafsu makan menghilang
- Berat badan menurun
- Rambut rontok
- Kuku menjadi mudah patah atau rapuh



Namun tidak semua penderita mengalami semua gejala dan tanda yang telah di sebutkan di atas, ada juga yang hanya merasa mudah lelah. Apabila terjadi beberapa gejala dan tanda seperti di atas, sebaiknya cepat pergi ke rumah sakit untuk mendiagnosis dan berkonsultasi dengan dokter.

Demikian pembahasan mengenai gejala dan tanda timbulnya Anemia. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah ilmu dan wawasan.