FAKTA MENGENAI PROFESI PERAWAT DI INDONESIA

Perawat adalah salah satu profesi tenaga medis yang bertugas menjaga, mengawasi dan memberikan bantuan kepada pasien maupun dokter dalam melakukan aktivitas perawatan.

Profesi perawat di Indonesia sangat di butuhkan dalam rangka memenuhi kebutuhan pada pelayanan medis di setiap rumah sakit berbadan pemerintah maupun rumah sakit swasta. Dimana pada setiap rumah sakit, perawat merupakan tenaga medis terpenting selain dokter, karena perawat berperan sebagai asisten dokter dalam melakukan tindakan medis. Perawat juga berperan membantu dokter dalam melakukan pengawasan terhadap pasien dalam hal pemberian obat maupun membantu pasien, seperti memandikan pasien, mengantar pasien untuk BAK atau BAB ke toilet serta memberikan motivasi kepada pasien agar proses pemulihan dapat berjalan dengan baik dan cepat.

Perawatan pada pasien rawat inap di setiap rumah sakit tentu memerlukan dan memnbutuhkan tenaga medis, seperti dokter dan perawat. Namun, tenaga perawat di Indonesia masih dapat terbilang kurang mendapat apresiasi yang baik dari pemerintah maupun rumah sakit tempat perawat tersebut bekerja,

Sebagai contoh, perawat pada rumah sakit swasta mempunyai penghasilan yang terbilang lumayan, tetapi dalam hal jaminan dan tunjangan sangat minim dan pada rumah sakit pemerintah atau negeri sebaliknya, yaitu mempunyai penghasilan di bawah perawat di rumah sakit swasta tetapi jaminan dan tunjangannya lumayan belum lagi tunjangan di hari pensiun. Padahal sebenarnya tugas, peranan dan tanggung jawab pada perawat lebih besar di bandingkan dengan penghasilan yang di dapat. Kalau kita lihat tenaga medis di Indonesia khususnya perawat yang bekerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luat negeri lebih mendapat apresiasi dengan penghasilan yang jauh lebih besar.

Salah satu negara yang banyak memperkerjakan TKI perawat Indonesia adalah jepang, karena Jepang salah satu negara yang banyak membutuhkan tenaga medis perawat untuk bekerja di rumah sakit di sana. Berdasarkan keterangan Deputi Penempatan BNP2TKI Agusdin Subiantoro kerika di temui di ruang kerjanya di Jakarta, senin siang (01/12/2014) tercatat di tahun 2015 ini terdapat 285 orang TKI Perawat yang tediri dari 68 TKI Perawat pasien di rumah sakit (Nurse) dan 217 TKI Perawat orang tua usia lanjut (carewoerker). Kelulusan matching TKI Perawat ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 187 TKI Perawat.

Disana mereka mendapatkan apresiasi yang lebih baik, sehingga mereka kebanyakan lebih ingin menjadi perawat di luar negeri. Dalam menanggapi hal ini, sebaiknya ada perbaikan dari pemerintah mengenai kebijakan kesehjateraan tenaga medis di Indonesia, khususnya perawat, agar profesi perawat maupun tenaga medis lainnya dalam mengabdi dan megimplimentasikan ilmunya di tujukan untuk negara sendiri bukan untuk negara lain.

Namun, bagi para calon perawat dan perawat-perawat yang sudah bekerja tidak perlu khawatir akan hal ini, karena profesi perawat merupakan pekerjaan yang mulia serta mempunyai nilai sosial yang tinggi, sehingga penulis yakin pekerjaan sebagai perawat ini dapat memberikan kebahagiaan dan melatih jiwa sosial dalam merawat, membantu dan memberikan pelayanan kepada pasien dengan sepenuh hati.

Demikian pembahasan fakta mengenai profesi perawat di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai profesi perawat.

Artikel Terpopuler :

- Bisnis Modal Ratusan Ribu Hasil Ratusan Juta/bulan!!!