MANFAAT DAN KHASIAT BUAH APEL PADA KANKER



Kanker atau neoplasma ganas merupakan penyakit yang di timbul akibat kelainan pada siklus sel yang menimbulkan sel tersebut tumbuh dengan ganas dan tidak terkendali atau pembelahan pada sel melebihi batas normal dan berpindah ke jaringan atau organ tubuh yang lain dengan melalui sirkulasi peredaran darah (sistem limfatik) atau biasa di sebut dengan istilah metastasis.

Terdapat banyak gejala dan tanda yang berbeda pada penyakit kanker. Gejala dan tanda tersebut dapat terjadi tergantung dari letak dan karakter keganasan serta ada atau tidak adanya migrasi sel kanker tersebut ke jaringan atau organ tubuh lain melalui sirkulasi darah (metastasis). Untuk mengetahui atau mendiagnosis penyakit kanker tersebut di perlukan pemeriksaan medis khusus yang di sebut dengan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang di dapatkan dengan biopsi.

Pada umumnya kasus pada penderita kanker menyebabkan kematian. Di negara-negara berkembang, kanker merupakan penyebab utama kematian. Salah satunya adalah negara Indonesia yang di perkirakan oleh WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia pada tahun 2030 akan terjadi lonjakan penderita kanker sampai dengan tujuh kali lipat. Hal ini seharusnya menjadi peringatan dan meningkatkan kewaspadaan kita terhadap penyakit kanker ini.

WHO bahkan juga menempatkan Indonesia sebagai negara nomor satu dengan jumlah penderita kanker terbanyak. Salah satunya adalah kanker serviks, dimana kanker serviks merupakan pembunuh kaum wanita nomor satu di Indonesia. Terdapat tidak kurang setiap tahunnya terdapat 15.000 kasus penderita kanker serviks, dimana berdasarkan data setiap harinya terdapat sekitar 20 dari 40 wanita penderita kanker serviks yang meninggal dunia. Berarti setiap harinya sekitar 50% wanita penderita kanker serviks meninggal dunia.

Kanker payudara menempati posisi kedua sebagai pembunuh kaum wanita penderita kanker payudara ini. Berdasarkan profil data kesehatan Indonesia tahun 2008, pada tahun 2004 terdapat 5207 kasus kanker payudara dan meningkat setahun kemudian menjadi 7850 kasus, lalu pada tahun 2006 menigkat lagi menjadi 8328 penderita dan menurun pada tahun 2007 menjadi 8277 kasus penderita kanker payudara dan kasus-kasus jenis kanker lain juga termasuk pembunuh terbesar di Indonesia.

Terdapat beberapa gejala dan tanda timbulnya penyakit kanker, antara lain :

- Keluarnya cairan atau pendarahan yang tidak normal
- Terdapat benjolan atau penebalan di area tubuh tertentu
- Berkurangnya pendengaran diikuti oleh suara bising pada telinga yang sama
- Kesulitan menelan dan gangguan pencernaan secara terus menerus
- Rasa sakit di area tubuh tertentu yang tak kunjung membaik
- Perubahan pada kebiasaan usus normal
- Batuk dan suara serak secara terus menerus

Apabila terjadi gejala gejala dan tanda yang telah di sebutkan di atas harap segera pergi ke rumah sakit (untuk kanker biasanya rumah sakit onkologi) untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri kepada dokter mengenai gejala dan tanda yang di alami dan di rasakan.

Bagaimana mencegah dan menghindari penyakit kanker ini? dalam mencegah dan menghindari terjadinya kanker pada diri anda terdapat beberapa hal yang harus di hindari dan di lakukan, di antaranya :

1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Penting untuk kita dalam memilah milah makanan sebagai asupan energi dalam penunjang kegiatan atau rutinitas sehari-hari. Makanan yang baik untuk di konsumsi dan sebagai asupan energi adalah makanan-makanan sehat yang mengandung banyak gizi, vitamin dan nutrisi, sehingga dapat menjadi penunjang kesehatan tubuh anda sekaligus dapat menjadi pencegah penyakit kanker. Memang dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, seperti sayur dan buah tidak menjadi jaminan anda tidak terkena kanker, namun setidaknya dapat mengurangi dan menurunkan resiko terkena kanker sekitar 30%, kanker yang di maksud tersebut terkait dengan kanker yang terjadi akibat kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Olahraga secara rutin dan menjaga berat badan ideal

Dengan melakukan olahraga secara rutin dan menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal dapat menghindari dan mencegah terjadinya kanker pada diri anda. Mengapa hal itu bisa terjadi? karena sebagian besar jenis kanker timbul dari gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur. Menjaga berat badan ideal dan olahraga secara rutin dapat menghindari anda dari kelebihan berat badan atau obesitas yang merupakan salah satu pemicu terjadinya kanker ganas.

3. Tidak merokok atau mengkonsumsi tembakau

Semua jenis tembakau yang terdapat pada rokok ataupun makanan lainnya dapat menjadi penyebab terjadinya kanker. Dengan tidak merokok atau mengkonsumsi tembakau adalah pilihan yang bijak dan cerdas serta merupakan gaya hidup sehat yang penting untuk anda biasakan. Hal tersebut merupakan langkah penting dalam mencegah dan menghindari timbulnya kanker pada diri anda. Sebaiknya hindari merokok dan tembakau dalam bentuk apapun termasuk menjadi perokok pasif. Banyak kasus kanker paru-paru yang meninggal akibat menjadi perokok pasif.

4. Lakukan Immunisasi

Terdapat beberapa jenis kanker yang terkait dengan infeksi dari virus, namun hal ini dapat di cegah melalui immunisasi. terdapat dua jenis immunisasi yang dapat melindungi anda ataupun keturunan anda dari infeksi virus yang dapat menimbulkan kanker yaitu, HPV (Human Papillomavirus) dan Hepatitis B. Dengan melakukan kedua jenis immunisasi tersebut dapat mencegah dan meminimalisir timbulnya kanker serviks dan kanker hati yang merupakan pembunuh terbesar di Indonesia.

5. Deteksikan atau periksakan diri anda

Melakukan pendeteksian lebih dini sangat di anjurkan agar apabila terdapat sel kanker pada tubuh dapat di lakukan penanganan dan pengobatan lebih cepat untuk memperbesar peluang kesembuhan. Pendeteksian kanker tersebut meliputi rektum, usus, mulut dan kulit. Untuk wanita perlu di tambah area pendekteksianya seperti di mulut rahim dan payudara, begitupun dengan pria di area prostat dan testis. Dengan memeriksakan diri anda lebih cepat di harapkan dapat menghasilkan pengobatan yang lebih baik dan maksimal.

6. Hindari sinar matahari secara langsung

Dengan terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan timbulnya kanker kulit. Kanker kulir merupakan salah satu jenis kanker yang sering di jumpai dan paling mudah untuk di cegah. penyebab lain yang dapat menimbulkan kanker kulit adalah bahan kimia tertentu dan imbas dari eksposur sinar-X, namun yang paling umum sebagai penyeba timbulnya kanker kulit adalah sinar UV (Ultra Violet) atau sinar matahari.

Terdapat banyak jenis pengobatan pada penyakit kanker, dari pengobatan medis modern sampai pengobatan alternatif maupun pengobatan alami yang tradisional. Untuk pengobatan medis modern biasanya di lakukan dengan kemoterapi atau operasi. Pengobatan modern tersebut dapat berpeluang lebih besar dalam mengobati dan menyembuhkan penyakit kanker, namun juga memiliki efek samping yang berpengaruh buruk pada kondisi penderita.

Pengobatan secara alami dan tradisional dapat menjadi pilihan aman dengan tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi penderita kanker. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah apel. Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh termasuk dapat menjadi obat alami bagi segala jenis kanker yang berbahanya bagi penderitanya.

Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan oleh para ahli, dimana mereka menemukan kandungan senyawa procyanidins pada buah apel. Senyawa procyanidins merupakan zat antioksidan yang kuat dan baik dalam bekerja untuk memicu sinyal dari serangkaian sel-sel yang dapat mengakibatkan kematian pada sel-sel kanker. Percobaan di lakukan kepad tikus, dimana tikus di dietkan selama 6 minggu atau satu setengah bulan hanya memiliki setengah jumlah dari lesi pra-kanker yang di beri makanan tanpa sari apel sebagai tambahan.

Terdapat penelitian yang di lakukan pada 10.000 sukarelawan. Para sukarelawan tersbut di minta untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin dalam porsi yang berbeda. Hasil dari penelitian tersebut sangat mengejtukan, dimana para sukarelawan yang mengkonsumsi buah apel pada porsi yang lebih banyak memiliki kemungkinan sekitar 50% untuk terhindar dari kanker. Hal ini merupakan salah satu khasiat dari obat alami yang berasal dari alam yaitu buah apel.