MANFAAT DAN KHASIAT BUAH MANGGIS BAGI PENDERITA DIABETES



Menurut WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia, menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia sebagai negara yang sebagian besar penduduknya terkena penyakit Diabetes. Hal ini merupakan suatu peringatan bahwa penyakit Diabetes menyerang dan merambah secara besar-besaran ke penduduk Indonesia yang tidak dapat mengatur gaya hidup yang baik dan pola makan yang teratur.

Diabeter merupakan penyakit yang terjadi karena sering mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki kandungan glukosa yang tinggi dan tidak di seimbangi dengan gaya hidup yang baik, pola makan yang teratur dan olahraga secara rutin sehungga menyebabkan terjadinya penumpukan kadar glukosa pada darah yang di sebut dengan Hiperglikemia.

Selain Faktor pola makan yang baik dan gaya hidup yang sehat, ternyata faktor keturunan juga berperan besar dan dapat menjadi indikasi atau penyebab seseorang terkena diabetes. Hal ini di karenakan DNA atau genetik yang terdapat pada orang tua sebagai penderita Diabetes akan menurun pada anak dan keturunannya, sehingga keturunan penderita Diabetes di analisa 6 x beresiko dapat terkena Diabetes, maka penyakit Diabetes juga di kenal sebagai salah satu penyakit yang menurun.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat di sembuhkan, tetapi Diabetes dapat di kendalikan. Mengendalikan penyakit Diabetes dapat di lakukan dengan cara menjaga kadar gula darah pada tubuh, agar tidak berada pada titik di atas normal, yaitu Pengecekan kadar gula darah pada seseorang selama puasa 12 jam harus berada di bawah 126 dan pengecekan kadar gula darah sewaktu-waktu harus di bawah 200.

Terdapat beberapa gejala-gejala dan tanda bagi seseorang yang di dapat di katakan terkena Diabetes. Gejala-gejala dan tanda tersebut di bagi menjadi 2, yaitu gejala dan tanda pada tahap awal dan tahap lanjut, antara lain :

1. Gejala dan tanda Diabetes tahap awal

- Sering terasa haus dan banyak minum
- Sering kesemutan
- Mudah lelah

2. Gejala dan tanda Diabetes tahap lanjut

- Sering buang air kecil
- Badan terasa lemas
- Impotensi
- Komplikasi
- Luka sulit mengering dan sembuh

Dengan hal tersebut, sebaiknya kita waspada akan bahayanya penyakit Diabetes ini. Sekarang ini banyak terdapat obat-obatan atau terapi-terapi yang di tawarkan sebagai cara untuk mengobati penyakit Diabetes tersebut, namun tidak setiap penderita Diabetes mempunyai kesamaan dan kecocokan pada suatu pengobatan tertentu, dan tidak jarang para penderita Diabetes yang belum merasakan manfaat dan khasiat dari alternatif pengobatan Diabetes tersebut.

Salah satu obat yang efektif, tidak mempunyai efek samping, alami dan berkhasiat untuk para penderita Diabetes adalah buah Manggis. Buah Manggis yang di sebut dengan istilah "Queen Of Fruit" mempunyai banyak manfaat dan khasiat yang dapat mengobati penyakit Diabetes. Dimana Manggis tidak hanya buahnya yang bermanfaat, tetapi kulitnya pun mempunyai banyak manfaat dan khasiat yang tidak kalah dari buahnya.

Manfaat kulit Manggis bagi para penderita Diabetes, antara lain :

- Menormalkan tekanan kadar gula darah
- Memberi dan mengendalikan energi
- Memberi asupan zat yang dapat mengurangi dan menurunkan kadar gula darah
- Xanthones untuk membantu pengurangan resistensi insulin
- Membantu mengatasi kelelahan

Dengan mengkonsumsi kulit Manggis secara rutin, dapat memberikan banyak manfaat dan khasiat khususnya dalam pengobatan pada penderita Diabetes. Dimana salah satunya adalah kulit manggis yang berguna untuk membantu pengurangan resistensi hormon Insulin pada tubuh, sehingga kadar gula darah dapat kembali normal. Hormon Insulin merupakan hormon yang di hasilkan oleh Pankreas yang berguna untuk menjaga kadar gula darah agar tetap berada pada titik normal.

Di dalam buah Manggsi juga terkandung Magniferin yang dapat membantu menurunkan terjadinya resistensi pada hormon Insulin dan juga dapat membantu menurunkan dan menormalkan kadar gula darah pada tubuh. Selain itu dalam kulit manggis juga terdapat antioksidan yang berguna untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada sel beta Pankreas akibat serangan zat radikat bebas, serta manfaat dan khasiat buah Manggis yang lain, yaitu dapat meregenerasi dan memperbarui sel-sel dalam tubuh, sehingga akan membantu mengendalikan efektivitas produksi hormon Insulin yang cukup dalam menurunkan, menormalkan dan mengendalikan kada gula dalam darah.

Demikian pembahasan mengenai khasiat dan manfaat buah dan kulit Manggsi bagi penderita Diabetes, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan.

Artikel terkait :