SAYURAN DAN BUAH YANG MEMPUNYAI BANYAK MANFAAT DAN KHASIAT BAGI TUBUH

Buah merupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung gizi dan vitamin dan sering di konsumsi karena sangat baik bagi kesehatan tubuh serta dapat mencegah dan meminimalisir resiko terkena segala jenis penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Mengkonsumsi buah merupakan hal yang penting untuk di lakukan, karena di dalam buah terkandung berbagai zat antioksidan dan antikanker serta mengandung banyak vitamin dan gizi.


Sebaiknya buah di konsumsi secara rutin, minimal mengkonsumsi buah dua kali sehari sebelum makan makanan berat, karena apabila mengkonsumsi buah sebelum makan akan dapat membantu melarutkan makanan-makanan berat yang di konsumsi setelahnya dan dapat memperlancar sistem pencernaan. Terdapat beberapa sayuran dan buah yang memiliki banyak manfaat dan khasiat yang sangat berguna dan baik bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah sayuran dan buah yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh? sayuran dan buah tersebut, antara lain :

1. Apel

Apel mengandung banyak vitamin A, B dan C yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi nafsu makan yang berlebihan dan menjadi zat antikanker.

2. Pear/Pir

Pear/Pir mengandung provitamin A dan Vitamin C serta mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah dan meminimalisir resiko terkena penyakit dan gangguan kesehatan, seperti, mengencerkan, meredakan dan menghilangkan dahak pada batuk berdahak dan menurunkan panas deman pada tubuh

3. Semangka

Semangka mengandung provitamin A dan Vitamin C serta dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan tekanan darah.

4. Belimbing

Belimbing mengandung provitamin A dan vitamin C serta dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Jambu biji merah

Jambu biji merah mengandung banyak vitamin C serta mengandung antikanker dan antioksidan dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi, mengobati infeksi, memperlancar sistem peredaran darah, menjaga dan mengobati sariawan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan sistem pencernaan.

6. Melon

Melon mengandung provitamin A dan Vitamin C serta mengandung zat antioksidan dan antikanker dan berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memperhalus kulit, mencegah terjadinya penggumpalan darah dan melancarkan sistem pencernaan.

7. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin A, B1, B2 dan C serta mengandung zat antikanker dan bermanfaat untuk mengobati dan menjaga terjadinya sariawan, menurunkan dan mencegah terkena kardiovaskuler, katarak dan kanker.

8. Mangga

Mangga mengandung vitamin A, C dan E yang berguna untuk disinfektan dan membersihkan darah serta mengurangi bau badan dan menurunkan panas demam pada tubuh.

9. Tomat

Tomat mengandung vitamin A, B1 dan C yang berguna untuk membantu membersihkan hati dan darah serta berkhasiat untuk mengobati gusi berdarah, rabun senja, penggumpalan darah, usus buntu, kanker prostat dan kanker payudara.

10. Pisang

Pepaya mengandung provitamin A, B2 dan C yang berguna untuk mengurangi asam lambung dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh serta berkhasiat dalam menghilangkan gangguan pada lambung, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menyembuhkan penyakit jantung dan stroke.

11. Pepaya

Pisang mengandung provitamin A, dan vitamin C yang berguna untuk membantu melarutkan dan memecah serat makanan dalam pencernaan, melancarkan sistem pencernaan serta berkhasiat untuk menyembuhkan luka, alergi dan infeksi.

12. Strawberry

Strawberry mengandung provitamin A, B, B1 dan C serta mengandung antioksidan untuk menangkal zat radikal bebas dan berkhasiat untuk menjadi antivirus, antikanker dan mengobati gangguan pada sistem kemih.

13. Wortel

Wortel mengandung banyak vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata dan berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan hati.

14. Sirsak

Sirsak mengandung banyak serat vitamin C dan zat antioksidan yang berguna untuk mengobati kanker, hipertensi, syaraf yang tertekan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati sakit pinggang, asam urat, eksim dan reumatik.

15. Manggis

Manggis banyak mengandung serat vitamin C dan antioksidan yang berguna untuk mengahambat pertumbuhan sel kanker dan  menangkal zat radikal bebas, serta berkhasiat mengobati hipertensi, diabetes, prostat, penyakit paru, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menumbuhkan peradangan, mencegah kerusakan DNA, memperbaiki sel- sel tubuh, menyeimbangkan sistem kelenjar endoktrin, menurunkan berat badan dan menyembuhkan kerusakan pada urat saraf.