CARA-CARA MENGHILANGKAN KESEDIHAN

Manusia merupakan mahluk yang memiliki perasaan. Perasaan tersebut dapat di gambarkan melalui raut muka, perkataan dan tindakan. Sebagai manusia memang tidak luput dari rasa-rasa yang timbul dari suasana hati. Apabila ada hal yang menyenangkan bagi kita, maka timbul raut muka ceria dengan perkataan dan tindakan yang menggambarkan kebahagiaan dan apabila ada sesuatu hal yang membuat kita sedih, maka suasana hati pun juga ikut merasakan kesedihan dengan raut muka murung serta perkataan dan tindakan yang menggambarkan ketidak bahagiaan.

Tidak jarang dari kita merasakan kesedihan yang terjadi, dimana kesedihan tersebut muncul dari suatu peristiwa atau kejadian yang kurang menyenangkan bagi seseorang dan membuat seseorang yang mengalami peristiwa atau kejadian tersebut menjadi murung dan tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas, kegiatan dan rutinitasnya sehari-hari.


Seseorang yang sedang mengalami kesedihan akan dapat berpengaruh buruk pada kegiatan, aktivitas dan rutinitas kesehariannya. Dimana pada saat kita merasakan kesedihan akan mengakibatkan sulit berkonsenterasi dalam melakukan sesuatu hal, seperti bekerja maupun belajar. Namun, timbulnya kesedihan pada diri seseorang juga dapat membawa pengaruh baik, karena biasanya pada saat atau setelah seseorang mengalami sesuatu hal berupa kejadian atau peristiwa yang menimbulkan kesedihan, maka dari diri orang tersebut akan muncul motivasi tersendiri untuk menjalani hidup lebih baik dari sebelumnya.

Walau bagaimanapun keadaan sedih pada diri kita harus di hilangkan, karena tidak memberi kesan positif bagi orang lain dan sebaik-baiknya keadaan adalah keadaan bahagia, senang dan ceria. Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan kesedihan yang dapat di lakukan oleh anda, di antaranya :

1. Berlibur atau berekreasi ke tempat wisata

Meluangkan waktu sejenak untuk berlibur atau berekreasi ke tempat wisata, ternyata besar pengaruhnya pada keadaan dan suasana hati pada diri seseorang. Apabila anda sedang mengalami dan merasakan kesedihan, anda dapat berlibur atau berekreasi, agar dapat menghilangkan kepenatan, kejenuhan dan khususnya kesedihan yang sedang anda alami. 

2. Bercanda atau bermain dengan keponakan atau adik yang masih kecil (anak kecil)

Anak kecil adalah mahluk mulia yang masih lugu dan terkadang sering melakukan tingkah-tingkah lucu yang dapat membuat anda terhibur dengan tingkah laku yang di lakukannya, karena memang anak kecil dapat menjadi penyemangat dan penghibur bagi seseorang, khususnya orang terdekatnya.

3. Ikhlaskan, relakan dan sabar

Segala sesuatu yang terjadi pada kita baik keadaan senang atau sedih merupakan ujian hidup yang di berikan oleh Tuhan. Dimana cara yang paling tepat untuk menghadapi ujian tersebut adalah dengan mengikhalskan, merelakan dan sabar. Dengan cara tersebut, anda dapat menjadi pribadi yang kuat dan tegar dan Tuhan tidak memberikan ujian hidup melebihi kemampuan hambanya.

4. Mencurahkan kesedihan tersebut kepada orang terdekat

Kesedihan yang di alami oleh kita akan dapat lebih ringan apabila hal tersebut dirceritakan kepada seseorang yang terdekat dengan kita, agar beban kesedihan yang di alami tersebut setidaknya dapat berkurang dan timbul perasaan lebih baik, sehingga kesedihan yang sedang di alami dapat di hilangkan secara perlahan.

5. Melalui sesuatu hal yang di sukai (Hobby)

Setiap orang tentu mempunyai sesuatu hal yang di sukai atau biasa di sebut dengan istilah "hobby" yang menjadi kegiatan atau aktivitas yang paling di gemari, sehingga dengan melakukan hobby tersebut setidaknya dapat membuat anda lupa mengenai permasalahan atau kesedihan yang sedang anda alami dan menciptakan ketenangan dan keadaan yang lebih baik.

6. Ibadah

Ibadah merupakan salah satu aktivitas keagamaan yang di lakukan guna menjalankan kewajiban sebagai hamba dalam rangka mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha esa. Dengan melakukan ibadah yang khusyu, dapat di pastikan bahwa anda akan merasa tenang dan lebih baik dari kesedihan yang sedang terjadi, karena ibadah merupakan salah satu cara efektif menghilangkan kesedihan.

Kesedihan bukanlah cara dan jalan terbaik dalam menghadapi suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan kita.

Demikian pembahasan mengenai cara-cara menghilangkan kesedihan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan yang berguna bagi kita semua.

Artikel terkait :