TAHUKAH ANDA DIMANA LAUT TERDALAM DI DUNIA?

PERAIRAN TERDALAM DI DUNIA


Laut merupakan salah satu bentuk keindahan alam yang menyimpan banyak keanekaragaman hayati yang sangat indah dan menarik untuk di pelajari. Dengan adanya lautan manusia dapat memperoleh ekosistem sumber makanan yang sangat baik untuk di konsumsi dan tidak jarang juga laut atau pantai di jadikan sebagai tempat wisata dan sarana dalam memainkan suatu permainan seperti jetsky, surfing dan sebagainya.

Namun, apakah anda tahu dimana letak laut terdalam di dunia dan berapa kedalamannya serta mahluk seperti apa yang menghuninya? Mungkin sebagian besar dari kita banyak yang belum tahu mengenai hal tersebut jadi mari kita bahas.

Laut yang mendapat gelar sebagai laut terdalam di dunia adalah Palung Mariana. Palung Mariana di kategorikan sebagai laut terdalam di dunia, karena kedalaman palung mariana ini mencapai 10.994 meter dan juga ada yang menyebut 11.000 meter dengan lebar 63.000 meter serta panjang 2.550 meter. 

PENELITIAN PALUNG MARIANA

Menurut tim peneliti Oceanlab Universitas Aberdeen, Skotlandia tekanan di dalam perairan palung mariana sangat luar biasanya yaitu sekitar 8 ton atau himpitan sekitar 1600 gajah yang berdiri di atap mobil. Lalu penelitian terbaru yang di lakukan oleh beberapa pakar ahli dari Oceanlab Universitas Aberdeen serta pakar ahli dari bidang Biologi kelautan, Mikrobiologi, Genetika dan Geologi mengungkapkan bahwa keadaan di bawah perairan palung mariana sangat gelap, suhu nyaris mencapai titik beku dan tekanan air yang sangat besar dan berat, mereka juga mengambil sample air pada kedalaman 5.000-10.600 meter serta merekam mahluk-mahluk yang hidup di sana. Penelitian ini di lakukan dengan alat robotik selam.

MAHLUK ANEH YANG HIDUP DI PALUNG MARIANA


Para peneliiti berhasil merekam beberapa mahluk yang aneh dan tidak pernah terlihat di perairan lainnya. Mahluk ini-ini mempunyai bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda dengan mahluk air pada umumnya. Di antara mahluk-mahluk aneh yang berada di kedalaman palung Mariana ada yang berbentuk udang namun mempunyai ukuran yang besar yaitu sekitar 30 cm. Mahluk ini di namakan Amphipod sejenis Crustacea yang masih termasuk keluarga udang. Sebelumnya Amphipod ini pernah terjebak di selandia baru pada tahun 2012. Pada rekaman tersebut Amphipod ini terlihat makan, berenang dan mempertahankan dirinya dari predator lain dengan menggunakan ekornya yang protektif.



Mahluk aneh lain yang terekam oleh para ahli peneliti tersebut adalah snailfish. Ikan Snailfish di temukan hidup di kedalaman sekitar 8.200 meter lebih. Ciri dari bentuk mereka adalah badan yang transparan, mempunyai kepala yang menyerupai anjing, bentuk sirip yang seperti sayang dan ekor seperti belut. Ikan-ikan itu dapat hidup di perairan yang mempunyai tekanan yang sangat besar, suhu yang mendekati titik beku serta keadaan yang sangat gelap gulita.

Demikian pembahasan mengenai perairan terdalam di dunia. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah ilmu dan wawasan.

Artikel pilihan :