CARA EFEKTIF DALAM MENCERDASKAN OTAK ANAK


Setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang sebagai anak yang cerdas bahkan jenius. Hal tersebut janganlah hanya menjadi cita-cita dalam benak setiap orang tua, tetapi harus dapat di wujudkan dan di realisasikan dalam kehidupan nyata. Karena anak merupakan harapan bagi semua orang tua dan juga calon penerus generasi bangsa yang di tuntut harus lebih baik dan berkembang dari generasi-generasi sebelumnya sehingga dapat memajukan bangsa dan negaranya serta dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Cara yang efektif dalam mencerdaskan otak anak dapat di lakukan pada saat anak tersebut masih di dalam kandungan atau sejak dalam kandungan, karena pada saat itulah hal yang paling berperan dalam mencerdaskan otak anak. Disini penulis akan mengulas mengenai informasi cara efektif dalam mencerdaskan otak anak yang di awali sejak anak tersebut masih dalam kandungan yang di jamin nilai kebenaran dan ketepatannya. Dr. Stephen Carr Leon warga negara California yang sedang melakukan housemanship di beberapa rumah sakit di Israel. Terlintas di pikiran beliau untuk mengadakan pengamatan terhadap anak-anak bangsa yahudi yang cerdas bahkan jenius. Beliau hampir 8 tahun mengadakan pengamatan terhadap anak-anak bangsa yahudi yang sangat cerdas agar mendapatkan hasil yang maksimal.
 
1. Ibu hamil di Israel sering mengerjakan soal-soal matematika

Wanita di Israel ketika di ketahui mengandung, maka sang ibu dan suaminya membeli buku yang berisi soal-soal matematika lalu mengerjakan dan menyelesaikannya bersama-sama. Sang ibu mengerjakan soal-soal matematika tanpa rasa jenuh dan bosan, bahkan ibu tersebut akan mengerjakan soal-soal metematika tersebut sampai melahirkan. Ketika di tanya oleh Dr. Stephen Carr leon mengapa ibu tersebut mengerjakan soal-soal matematika dan ibu itu menjawab "untuk melatih otak sang jabang bayi yang masih di dalam kandungan supaya kelak dapat mempunyai otak yang cerdas bahkan jenius.

Janin yang masih dalam kandungan dapat mempelajari sesuatu yang di lakukan oleh orang tua terkhusus ibu yang mengandungnya. Hal ini di perkuat oleh penelitian yang di lakukan oleh Dr. Craig dari University of Al-abama menunjukan bahwa program-program stimulasi dini dapat meningkatkan kecerdasan otak janin pralahir dari masa bayi hingga usia 15 tahun dan mempunyai kecerdasan 15-30 % lebih tinggi dari kebanyakan anak.

2. Ibu hamil sebaiknya sering mendengarkan dan menikmati musik

Sang janin sejak dalam kandungan sudah dapat mendengarkan bunyi-bunyi. Frekuensi dan panjang gelombang tertentu dapat mencerdaskan otak janin dalam kandungan. Menurut Dr. Nurhayati dari malaysia bunyi dengan frekuensi dan panjang gelombang tertentu dapat mempengaruhi otak janin secara positif. Sebagai contoh yang di berikan oleh Dr. Nurhayati adalah bacaan Al-Qur'an yang di baca dengan tartil yang bagus dan sesuai dengan tajwid maka akan menghasilkan frekuensi dan panjang gelombang yang sesuai dan dapat merangsang dan membentuk kecerdasan otak janin di bandingkan apabila mendengarkan musik klasik atau mozart.

Beberapa peneliti dari University of Vienna, Austria yaitu jacob Jacob Pietschnig, Martin Voracek dan Anton K. Formann dalam penelitian mereka yang di beri judul Mozart Effect yang menyatakan kesalahan besar dari hasil penelitian yang menyatakan musik klasik dapat mendorong atau mencerdaskan intelegensi seseorang setelah mendengarkan musik tersebut. Bahkan Beliau dan teman-temanya melibatkan 3000 partisipan untuk membuktikan hal tersebut dan terbukti dari hasil penelitiannya bahwa tidak ada stimulus atau sesuatu yang mendorong peningkatan intelegensi seseorang setelah mendengarkan musik klasik tersebut.

3.  Ibu hamil di Israel gemar mengkonsumsi makanan-makanan bergizi tinggi

Para ibu hamil di Israel sering memakan kacang badam, korma bersama susu. Pada saat makan siang mereka biasanya makan roti, salad, ikan tanpa kepala dan kacang badam serta jenis kacang-kacangan lainnya. Menurut wanita hamil Israel, makan ikan tanpa kepala sungguh sangat baik bagi perkembangan otak janin dalam kandungan karena dalam daging ikan terdapat omega 3 yang dapat menunjang kecerdasan otak janin.

Mereka juga sering mengkonsumsi pil minyak ikan dan memakan ikan tanpa kepala karena dalam kepala ikan terdapat zat-zat kimia yang tidak baik dan dapat merusak perkembangan dan pertumbuhan otak janin serta dapat membuat ibu menjadi sering lupa atau pikun. Hal tersebut bahkan sudah membudaya dan menjadi kewajiban bagi para ibu hamil. Tetapi yang harus di perhatikan adalah memakan ikan tidak boleh bersamaan dengan daging karena dapat menyebabkan reaksi biokimia dalam tubuh yang dapat membahayakan kondisi janin dalam kandungan.

4. Makan buah terlebih dahulu sebelum memakan hidangan utama

Makan hidangan utama terlebih dahulu sebelum memakan buah akan menyebabkan terganggunya sistem pencernaan serta lamanya proses mencerna di dalam tubuh. Baiknya memakan buah terlebih dahulu sebelum makan makanan yang berat adalah karena buah mengandung gula yang membutuhkan waktu dalam mencernanya serta menghindari kita dari rasa kantuk yang mengakibatkan lemah serta sulitnya kita memahami sesuatu yang bersifat pelajaran. Menurut Boldsky terdapat beberapa alasan mengapa harus memakan buah terlebih dahulu baru memakan hidangan berat berkabohidrat, antara lain :

- Dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.'
- Dapat membantu mengurangi berat badan karena merasa kenyang lebih lama
- Dan dapat menyerap nutrisi penting yang baik bagi tubuh.


5. Hindari Merokok dan mengkonsumsi zat-zat berbahaya

Bagi ibu hamil sangat di anjurkan untuk tidak merokok karena menurut Penelitian yang di lakukan oleh Ilmuwan dari Universitas Israel yang menyatakan dalam rokok terkandung zat nikotin yang dapat merusak sel utama otak seseorang dan zat ini akan melekat pada gen seseorang yang dapat mengakibatkan kebodohan pada keturunannya. Hindari juga mengkonsumsi sesuatu yang mengandung zat-zat berbahaya seperti Alkohol yang dapat merusak tubuh dan janin dalam kandungan anda secara fatal.

Demikian Informasi mengenai cara efektif mencerdaskan otak anak sejak dalam kandungan. Semoga kita dapat mencontoh kelebihan-kelebihan bangsa lain tetapi hanya hal yang baik tidak untuk hal buruknya. Agar bangsa kita dapat menjadi bangsa yang generasi penerus bangsanya mempunyai kecerdasan yang dapat membawa bangsanya pada kemakmuran dan kesehhateraan.

Artikel Terpopuler :

- Bisnis Modal Ratusan Ribu Hasil Ratusan Juta/bulan!!!