FAKTOR ATAU PENYEBAB LEUKEMIA AKUT


Kebanyakan orang kurang mewaspadai keadaan kesahatan dirinya. Sehingga pada saat tubuh terserang penyakit yang dapat membahayakan dan mengancam nyawa, maka barulah kita peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan mencari informasi tentang penyakit penyakit berbahya tersebut untuk di pahami dan di pelajari. Disini penulis kembali berbagi ilmu dan informasi mengenai penyakit Leukimia yang berbahaya untuk para pembaca agar kita selalu waspada dan selalu berantisipasi agar tidak terserang penyakit. Berikut Uraian mengenai Penyakit Leukimia :

 DEFINISI LEUKEMIA AKUT

Leukemia adalah suatu keganasan primer sumsum tulang yang berakibat terdesaknya komponen darah abnormal (blastosit) di sertai penyebaran ke organ-organ lain.(pedoman diagnosis dan terapi ilmu kesehatan anak, Fakultas Kedokteran Unair dan RSUD dr. Soetomo, Surabaya tahun 1994)

FAKTOR ATAU PENYEBAB LEUKEMIA AKUT



Penyebab Leukimia sampai sekarang belum di ketahui secara jelas, tetapi beberapa faktor di duga sebagai penyebabnya, antara lain :

1. Faktor Genetik (Keturunan)

Adanya penyimpangan Kromosom, Insidensi Leukimia meningkat pada penderita kelainan kongenital, antar lain :

- Sindroma Down
- Sindroma Bloom
- Fanconi's Anemia
- Sindroma Wiskott-Aldrich
- Sindroma Allis Vav Creveld
- Sindroma Kleinfelter
- D-Trisomy Sindrome
- Sindroma Von Reckinghausen
- Neurofibromatosis (Wiemik, 1985 : Wilson, 1991)

Kelainan-kelainan kongenital ini di kaitkan erat dengan adanya perubahan informasi gen, misal pada kromosom 21 atau C-group Trisomy atau pola kromosom yang tidak stabil, seperti pada aneuploidy.

Dan juga di laporkan adanya resiko Leukimia akut yang tinggi pada kembar identik. Dimana kasus-kasus Leukimia Akut terjadi pada tahun pertama kelahiran. Hal ini berlaku juga dengan keluarga insidensi Leukimia yang sangat tinggi (Wiemik, 1985 ; Wilson, 1991)

2. Faktor Lingkungan

Ternyata Lingkungan juga menjadi faktor untuk meningkatkan resiko terjadinya Leukimia akut. Beberapa faktor lingkungan yang dapat menjadi penyebab kerusakan kromosom dapatan, antara lain :

3. Radiasi Tinggi

Leukemia dapat terjadi karena seseorang yang terkena radiasi tinggi, seperti pegawai Radiologi atau Radioterapi yang lebih sering mengalami Leukemia dan banyak di temukan juga penderita Leukemia Akut pada korban bom atom di hiroshima dan Nagasaki pada perang dunia ke-2 di Jepang.

4. Bahan kimia

Bahan-bahan kima seperti Benzena dan Insektisida dapat menjadi faktor seseorang terkena Leukemia Akut.

5. Obat-obatan 

Obat-obatan yang di pakai untuk kemoterapi pada penderita Kanker.

6. Virus 

Di ketahui juga beberapa virus yang dapat menyebabkan Leukemia Akut yaitu, Retrovirus, Virus Leukemia Feline dan Virus HLTV-1 yang umumnya terjadi pada orang dewasa.

yang kesemua faktor tersebut di hubungkan insiden yang meningkat pada Leukimia akut (Wiemik, 1985 ; Wilson, 1991)

Demikian pembahasan mengenai faktor atau penyebab leukemia akut. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah ilmu dan wawasan.

Artikel Pilihan :

- FAKTOR ATAU PENYEBAB TBC (TUBERCULOSIS)

- FAKTOR ATAU PENYEBAB NAIKNYA ASAM LAMBUNG

- FAKTOR ATAU PENYEBAB PENYAKIT ASAM URAT

- FAKTOR ATAU PENYEBAB WASIR ATAU AMBEIEN

- FAKTOR ATAU PENYEBAB REMATIK

- FAKTOR ATAU PENYEBAB HIPERTENSI (DARAH TINGGI)

- FAKTOR ATAU PENYEBAB TIMBULNYA KANKER

- FAKTOR ATAU PENYEBAB DIABETES

- FAKTOR ATAU PENYEBAB DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE)