FAKTOR ATAU PENYEBAB WASIR ATAU AMBEIEN


PENGERTIAN WASIR ATAU AMBEIEN

Wasir atau juga di kenal dengan istilah Ambeien merupakan penyakit yang muncul dan terletak pada bagian anus atau dubur seseorang. Penyakit Wasir atau Ambeien ini sangat mengganggu, karena menimbulkan rasa nyeri dan tidak jarang terjadi pendarahan pada saat buang air besar serta kesulitan atau rasa tidak nyaman pada saat dalam keadaan duduk dan buang air besar.

Wasir atau Ambeien ini, pada umumnya timbul karena kurang serat pada tubuh, sehingga kotoran menjadi padat dan sulit untuk di keluarkan dan penyebab lainnya, yaitu sering mengalami konstipasi atau mendorong terlalu keras pada saat buang air besar. Dengan sering mengalami pendarahan, konstipasi serta mendorong terlalu keras pada saat buang air besar akan dapat memecah dan melebarkan pembuluh darah yang dapat menimbulkan infeksi dan pembengkakan yang berujung pada masalah Wasir atau Ambeien tersebut.


FAKTOR YANG BERPERAN MENIMBULKAN WASIR ATAU AMBEIEN

Penyebab pada penyakit wasir atau ambeien dengan gejala-gejala atau tanda tertentu yang tidak di ketahui secara jelas serta meningkatkan resiko timbulnya wasir atau ambeien pada diri seseorang antara lain :

- Kurang berolahraga
- Keadaan gizi dan nutrisi yang kurang baik (diet rendah serat)
- Ascitis
- Kembung berkepanjangan
- Massa intra-abdomen atau kehamilan
- Konstipasi atau diare
- Tidak terdapat katup di dalam pembuluh hemoroid
- Usia
- Genetik atau keturunan

FAKTOR YANG MENINGKATKAN RESIKO WASIR ATAU AMBEIEN

- Obesitas
- terlalu banyak duduk
- Batuk kronik
- Adanya gangguan fungsi dasar panggul

Pada wanita hamil terjadi perubahan hormonal dan tekanan dari fetus abdomen yang menyebabkan pembesaran pembuluh-pembuluh hemoroid.. Hal yang sama terjadi pada proses melahirkan dimana terjadi peningkatan intra-abdomen. Gejala wasir atau ambeien pada wanita hamil akan hilang setelah melahirkan.

Demikian pembahasan mengenai faktor atau penyebab wasir atai ambeien. Semoga pembahasan ini akan dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah ilmu atau wawasan.

Artikel Pilihan :

- FAKTOR ATAU PENYEBAB TBC (TUBERCULOSIS)

- FAKTOR ATAU PENYEBAB NAIKNYA ASAM LAMBUNG

- FAKTOR ATAU PENYEBAB PENYAKIT ASAM URAT

- FAKTOR ATAU PENYEBAB LEUKEMIA AKUT

- FAKTOR ATAU PENYEBAB REMATIK

- FAKTOR ATAU PENYEBAB HIPERTENSI (DARAH TINGGI)

- FAKTOR ATAU PENYEBAB TIMBULNYA KANKER

- FAKTOR ATAU PENYEBAB DIABETES

- FAKTOR ATAU PENYEBAB DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE)