FAKTOR ATAU PENYEBAB TIMBULNYA KANKER


DEFINISI KANKER

Kanker atau neoplasma ganas merupakan penyakit yang di timbul akibat kelainan pada siklus sel yang menimbulkan sel tersebut tumbuh dengan ganas dan tidak terkendali atau pembelahan pada sel melebihi batas normal dan berpindah ke jaringan atau organ tubuh yang lain dengan melalui sirkulasi peredaran darah (sistem limfatik) atau biasa di sebut dengan istilah metastasis.

Pada umumnya kasus pada penderita kanker menyebabkan kematian. Di negara-negara berkembang, kanker merupakan penyebab utama kematian. Salah satunya adalah negara Indonesia yang di perkirakan oleh WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia pada tahun 2030 akan terjadi lonjakan penderita kanker sampai dengan tujuh kali lipat. Hal ini seharusnya menjadi peringatan dan meningkatkan kewaspadaan kita terhadap penyakit kanker ini.

DATA WHO MENGENAI KANKER

WHO bahkan juga menempatkan Indonesia sebagai negara nomor satu dengan jumlah penderita kanker terbanyak. Salah satunya adalah kanker serviks, dimana kanker serviks merupakan pembunuh kaum wanita nomor satu di Indonesia. Terdapat tidak kurang setiap tahunnya terdapat 15.000 kasus penderita kanker serviks, dimana berdasarkan data setiap harinya terdapat sekitar 20 dari 40 wanita penderita kanker serviks yang meninggal dunia. Berarti setiap harinya sekitar 50% wanita penderita kanker serviks meninggal dunia.

Kanker payudara menempati posisi kedua sebagai pembunuh kaum wanita penderita kanker payudara ini. Berdasarkan profil data kesehatan Indonesia tahun 2008, pada tahun 2004 terdapat 5207 kasus kanker payudara dan meningkat setahun kemudian menjadi 7850 kasus, lalu pada tahun 2006 menigkat lagi menjadi 8328 penderita dan menurun pada tahun 2007 menjadi 8277 kasus penderita kanker payudara dan kasus-kasus jenis kanker lain juga termasuk pembunuh terbesar di Indonesia.

FAKTOR ATAU PENYEBAB KANKER



Sekarang ini kebanyakan orang sangat khawatir mengenai penyakit kanker. Walaupun banyak sekali faktor atau penyebab munculnya kanker yang tidak dapat kita hindari, namun setidaknya resiko tersebut bisa di perkecil . Terdapat beberapa faktor atau penyebab tiimbulnya kanker pada  diri seseorang antara lain :

1. Tidak berolahraga secara rutin

Dengan berolahraga setidaknya anda telah melakukan aktivitas yang menguntungkan dan membuat tubuh anda lebih sehat, bugar dan prima serta tentu memperkecil resiko terkena kanker, di bandungkan apabila anda hanya menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan atau bersantai-santau yang justru dapat menimbulkan serta meningkatkan resiko terkena kanker dan berbagai macam penyakit lainnya,

2. Pola makan yang tidak baik dan tidak sehat

Dengan mengkonsumsi makanan-makan dengan kandungan kadar lemak yang tinggi akan dapat menyebabkan meningkatkan resiko terjadinya kanker pada diri seseorang. Kanker yang dapat timbul akibat asupan lemak yang tinggi yaitu kanker usus besar, payudara, ovarium, endometrium, ginjal dan paru-paru. Sebaiknua kurangi mengkonsumsi makanan-makanan yang mengadung kadar lemak tinggi untuk memperkecil resiko terkena kanker.

3. Diet secara berlebihan

Diet yang berlebihan akan berdampak tidak baik pada kondisi tubuh, dimana tubuh juga memerlukan asupan yang sesuai sebagai sumber energi. Dengan melakukan diet secara berlebihan akan menyebabkan kurangnya asupan serat yang dapat menyebabkan kanker usus besar serta rendahnya asupan fitoestrogen dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

4. Kebiasaan buruk yang merugikan

Pada umumnya sebagian besar orang telah melakukan kebiasaan buruk yang dapat membahaytakan jiwa merekasebagai rutinitas sehari-hari. Kebiasaan yang dapat menimbulkan dan meningkatkan resiko kanker yaitu merokok, minum minuman beralkohol dan mengkonsumsi obat-obatn terlarang. Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, mengunakan obat-obatan terlarang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker dan minum minuman beralkohol selalu di kaitkan dengan terjadinya kanker.

5. Usia lanjut

Penyakit kanker lebih sering di temukan pada orang berusia di atas 45-50 tahun, di mana pada usia tesebut manusia mengalami penurunan kondisi dan kinerja organ-organ tubuh serta rentan terkena berbagai macam penyakit. Seseorang dengan kategori 45-50 tahu sebaiknya mulai waspada dengan keadaan atau kondisi tubuhnya serta hindari hal-hal yang dapat menimbulkan penyakit kanker. Namun, hak tersebut bukan berarti di bawah usia tersebut dapat terhindar dari penyakit kanker hanya lebih kecil saja resiko terkena kanker.

6. Keturunan atau genetik

Memang pada DNA penderita kanker mempunyai kemungkinan akan menurun kepada anak-anaknya, sehingga anak-anak keturunan penderita kanker tersebut akan lebih rentan terkena penyakit kanker. Namun, menurut penelitian terbaru faktor keturunan atau genetik hanya mempengaruhi sebagian saja dan dapat di atasi dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik dan sehat. Faktor keturunan atau genetik hanya salah satu faktor saja bukan faktor atau penyebab yang pasti terjadi.

7. Lingkungan sekitar

Lingkungan juga berperan dalam meningkatkan resiko terjadinya penyakit kanker. Di daerah yang memiliki tingkat industri yang tinggi sehingga menyebabkan kualitas udara menjadi buruk serta air yang tidak jernih dapat memicu dan menyebabkan terjadinya kanker pada diri seseorang terutama yang orang yang tinggal di daerah yang kurang sehat.

Dengan mengetahui dan memahami apa-apa saja yang menjadi faktor atau penyebab terjadinya penyakit kanker di harapkan kita dapat menghindari dan mengubah hal tersebut agar terhindar daru bahaya penyakit kanker yang sudah merenggut banyak jiwa penderitanya.