FAKTOR ATAU PENYEBAB DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE)



DATA KASUS DBD

Berdasarkan data Kementrian kesehatan pada tahun 2009-2011 terdapat 1.125 jumlah kematian akibat kasus DBD di Indonesia dan data pada tahun 2013 meningkat yaitu 48.905 kasus DBD serta 376 di antaranya meninggal dunia. Dengan hal tersebut membuat Indonesia menduduki peringkat tertinggi di kawasan Asia dengan jumlah kasus kematian akibat DBD.  Menurut data dari WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia, Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-2 sebagai negara yang sebagian besar penduduknya terkena Demam Berdarah.

DEFINISI DBD

DBD (Demam Berdarah Dengue) merupakan penyakit yang menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa kepada penderintanya, bahkan rasa nyeri tersebut seolah terasa sakit sampai ke tulang-tulang. Demam berdarah pada awalnya juga di sertai panas suhu tubuh yang tinggi. Panas suhu tubuh tersebut dapat mencapai 38-41 derajat Celcius sehingga membuat penderitanya menjadi lemas, tidak bertenaga dan merasakan mual yang luar biasa.

FAKTOR ATAU PENYEBAB DBD



DBD umumya di sebabkan oleh serangan virus yang di salurkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk jenis ini merupakan jenis nyamuk yang membawa virus dengue Demam Berdarah. Penyebaran jenis nyamuk aedes aegypti ini banyak terdapat pada seluruh daerah dengan jenis iklim tropis. Sebagai nyamuk yang membawa virus Dengue, nyamuk Aides Aegypti merupakan pembawa utama (Primary Vector) serta bersama dengan nyamuk berjenis Aedes Albopictus menimbulkan penyebaran DBD di seluruh daerah perkotaan maupun perdesaan. Mengingat bahwa DBD merupakan salah satu penyakit umum di Indonesia, maka masyarakat harus mengenali dan menghindari nyamuk jenis ini agar tidak terkena DBD.

Nyamuk aedes  aegypti dapat menularkan virus dengue melalui gigitannya kapan saja, baik pagi, siang, sore maupun malam hari. Terdpat 4 jenis atau strain virus dengue, yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3 dan DEN 4.

Pada saat anda tertular atau terkena salah satu jenis virus dengue dan terjangkit DBD, maka setelah sembuh atau pulih, tubuh anda akan atau sudah membentuk sistem kekebalan tubuh seumur hidup terhadap jenis virus dengue tersebut. Namun dengan hal tersebut belum memberikan sepenuhnya keamanan dari DBD, karena mengingat masih terdapat tiga jenis virus dengue lainnya, sehingga anda masih berpotensi akan terjangkit dan terkena penyakit DBD. Bahkan anda berpotensi untuk terkena DBD berat menjadi lebih tinggi.

Populasi penduduk yang terus meningkat dan faktor kebersihan lingkungan serta perpindahan atau mobilitas yang terus meningkat dari waktu ke waktu telah menyebabkan virus dengue ini menyebar luas di dalam kelompok-kelompok yang berbeda.

Virus dengue biasanya dapat berkembang di dalam genangan air, baik genangan air yang berada di luar rumah seperti selokan yang tidak mengalir dan waduk maupun genangan di dalam rumah seperti bak kamar mandi. DBD juga dapat berkembang di daerah yang memiliki tingkat sanitasi yang buruk seperti di kota-kota padat penduduk yang banyak terdapat di berbagai negara-negara berkembang.

Demikian pembahasan mengenai faktor atau penyebab DBD (Demam Berdarah Dengue). Semoga pembahasan ini akan dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah ilmu dan wawasan.

Artikel Pilihan :

- FAKTOR ATAU PENYEBAB TBC (TUBERCULOSIS)

- FAKTOR ATAU PENYEBAB NAIKNYA ASAM LAMBUNG

- FAKTOR ATAU PENYEBAB PENYAKIT ASAM URAT

- FAKTOR ATAU PENYEBAB LEUKEMIA AKUT

- FAKTOR ATAU PENYEBAB WASIR ATAU AMBEIEN

- FAKTOR ATAU PENYEBAB REMATIK

- FAKTOR ATAU PENYEBAB HIPERTENSI (DARAH TINGGI)

- FAKTOR ATAU PENYEBAB TIMBULNYA KANKER

- FAKTOR ATAU PENYEBAB DIABETES