FAKTOR ATAU PENYEBAB NAIKNYA ASAM LAMBUNG



Asam lambung atau dalam bahasa medis di kenal dengan GERD (Gastroesophagael Reflux Disease) merupakan penyakit yang di sebabkan naiknya asam pada lambung menuju kerongkongan sehingga menimbulkan nyeri rasa pada ulu hati dan sensasi terbakar di daerah dada. Kerongkongan atau yang di kenal juga dengan esofagus merupakan saluran yang menghubungkan lambung dan mulut. Asam lambung ini merupakan penyakit umum dan biasa terjadi pada masyarakat Indonesia.

PENYEBAB TIMBULNYA ASAM LAMBUNG



Dengan sering mengkonsumsi makanan-makanan yang kurang baik seperti makanan yang memiliki kandungan kadar keasaman yang tinggi serta makanan yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung, sehingga naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Namun, sebenarnya penyakit asam lambung bukan di sebabkan oleh asupan makanan yang di konsumsi tetapi lebih kepada pola makan yang tidak baik dan tidak teratur serta keadaan atau kondisi seseorang yang stres pun dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya asam lambung, antara lain :

- Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi
- Obesitas atau kelebihan berat badan
- Pola makan yang tidak teratur
- Stress
- Kondisi hamil

Namun, penyakit asam lambung pada umumnya terjadi karena tidak berfungsinya LES (Lower Esophagael Sphincter). LES adalah otot bagian bawah pada kerongkongan atau esofagus. Fungsi dari LES sendiri adalah sebagai saluran yang otomatis akan terbuka apabila ada makanan dan minuman yang masuk ke dalamnya dan turun ke perut. Setelah makanan dan minuman tersebut masuk, maka LES akan tertutup kembali untuk menghindari asam pada lambung dan makanan yang terdapat di perut tidak naik kembali ke kerongkongan.

Apabila lingkaran otot bagian bawah kerongkongan atau LES ini mengendor dan tidak dapat berfungsi dengan baik, maka dapat terjadi asam lambung dimana asam lambung bisa keluar dari perut dan sampai pada kerongkongan sehingga menyebabkan penyakit asam lambung yang sangat membuat daerah dada dan ulu hati menjadi tidak nyaman karena terasa nyeri dan sensasi terbakar.Selain terasa ketidaknyamanan di daerah dada dan ulu hati, kerongkongan serta mulut juga akan terasa tidak enak di tambah lagi rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan pada penderitanya.

Demikian pembahasan mengenai faktor atau penyebab naiknya asam lambung. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah ilmu dan wawasan.

Artikel Pilihan :

- FAKTOR ATAU PENYEBAB TBC (TUBERCULOSIS)

- FAKTOR ATAU PENYEBAB PENYAKIT ASAM URAT

- FAKTOR ATAU PENYEBAB LEUKEMIA AKUT

- FAKTOR ATAU PENYEBAB WASIR ATAU AMBEIEN

- FAKTOR ATAU PENYEBAB REMATIK

- FAKTOR ATAU PENYEBAB HIPERTENSI (DARAH TINGGI)

- FAKTOR ATAU PENYEBAB TIMBULNYA KANKER

- FAKTOR ATAU PENYEBAB DIABETES

- FAKTOR ATAU PENYEBAB DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE)