FAKTOR ATAU PENYEBAB DIABETES


DATA WHO MENGENAI DIABETES DI INDONESIA

Menurut WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia, menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia sebagai negara yang sebagian besar penduduknya terkena penyakit Diabetes. Hal ini merupakan suatu peringatan bahwa penyakit Diabetes menyerang dan merambah secara besar-besaran ke penduduk Indonesia yang tidak dapat membiasakan dan mengatur gaya hidup yang baik, pola makan yang teratur dan olahraga secara rutin.

DEFINISI DIABETES

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena sering mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki kandungan glukosa yang tinggi dan tidak di seimbangi dengan gaya hidup yang baik, pola makan yang teratur dan olahraga secara rutin, sehungga menyebabkan terjadinya penumpukan kadar glukosa pada darah yang di sebut dengan Hiperglikemia.

FAKTOR ATAU PENYEBAB DIABETES



Selain Faktor pola makan yang baik dan gaya hidup yang sehat, ternyata faktor keturunan juga berperan besar dan dapat menjadi indikasi atau penyebab seseorang terkena diabetes. Hal ini di karenakan DNA atau genetik yang terdapat pada orang tua sebagai penderita Diabetes akan menurun pada anak dan keturunannya, sehingga keturunan penderita Diabetes di analisa 6 x beresiko dapat terkena Diabetes, maka penyakit Diabetes juga di kenal sebagai salah satu penyakit yang menurun.

Diabetes terkenal sebagai penyakit yang sebagian besar di sebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, namun hal tersebut bukan hanya salah satu faktor yang harus di waspadai, karena masih terdapat beberapa fakor pendorong lainnya yang dapar menyebabkan timbulnya diabetes pada diri seseorang.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang di lakukan oleh para ahli kedokteran mengungkapkan bahwa diabetes bukan hanya di sebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, tetapi juga dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor pendorong yang kompleks terkait dengan faktor lingkungan dan kebiasaan. Faktor-faktor yang kompleks tersebut antara lain :

1. Kurang beraktivitas atau tidak berolahraga dengan rutin

Pada saat tubuh beraktivitas atau berolahraga, maka kandungan glukosa (gula) yang terdapat pada tubuh akan di bakar untuk di jadikan sumber energi, sehingga kandungan glukosa tersebut akan berkurang dan kinerja hormon insulin akan berkurang pula.

2. Pola makan yang tidak teratur dan berat badan berlebih (obesitas)

Dengan membiasakan pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat, akan dapat menyebabkan kandungan lemak dan glukosa (gula) dalam tubuh mengalami penumpukan. Pada kondisi tersebut akan memberatkan serta membebani kinerja dari kelenjar pankreas dalam memproduksi hormon insulin untuk mengolah kandungan glukosa yang masuk ke dalam tubuh. Apabila produksi hormon insulin terus meningkat, maka suatu saat kinerja kelenjar pankreas akan tidak dapat memenuhi kebutuhan hormon insulin, sehingga menyebabkan kelebihan glukosa tidak dapat terolah dengan baik dan akan masuk ke dalam darah serta urine (air seni).\

Berat badab berlebih atau obesitas pada seseorang juga dapat menjadi faktor atau penyebab munculnya diabetes. Di negara Amerika, terdapat sekitar 70% dari keseluruhan penderita diabetes adalah orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, data ini di ambil dari data statistik.

3. Pada Ibu Hamil

Ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan janinnya, akan berusaha meningkatkan konsumsi makanannya. Hal ini menyebabkan naiknya berat badan ibu hamil sekitar 5-10 kg. Pada saat kondisi ini, apabila hormon insulin tidak dapat menyeimbangkan jumlah konsumsi makanan, maka hal tersebut dapat menjadi faktor pendorong terjadinya diabetes.

Dengan mengetahui faktor atau penyebab pada penyakit Diabetes, di harapkan dapat menjadi acuan anda untuk menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan munculnya penyakit berbahaya tersebut, sehingga anda dapat menjalani hidup dengan sehat, bugar dan prima.