PENYAKIT-PENYAKIT YANG DAPAT MERENGGUT NYAWA ANDA KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA



Kesehatan adalah sesuatu yang mahal dan merupakan anugerah yang di berikan oleh Tuhan kepada kita yang harus di jaga dengan sebaik-baiknya. Sebagian orang banyak mengacuhkan kesehatannya seperti makan makanan yang tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh, malas berolahraga dan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas sehingga kurangnya waktu untuk istirahat. Dari hal-hal tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat yang tidak menutup kemungkinan dapat merenggut nyawa anda kapan saja dan dimana saja sehingga kita harus berhati-hati agar tidak terkena penyakit yang membahayakan tersebut. Disini penulis akan menguraikan mengenai penyakit-penyakit yang berbahaya yang tanpa di sadari telah bersarang dalam tubuh serta indikasi dan gejalanya tidak terlalu di rasakan oleh kita.

1. Asma

Asma adalah sejenis penyakit paru-paru yang di sebabkan karena radang dan penyumbatan pada saluran pernafasan. Asma tidak dapat di sembuhkan tetapi dapat di kendalikan dengan menajemen yang tepat dan efektif. Seseorang yang menderita penyakit asma akan terdapat beberapa gejala dan tanda, seperti pernafasan yang berbunyi seperti siulan dan merasakan sesak dan sulit dalam bernafas. Penyakit asma dapat mengganggu sekali terhadap kegiatan, aktivitas dan rutinitas yang di lakukan oleh penderitanya.

Penyakit asma juga tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya apabila penyakit ini di abaikan dan tanpa adanya penanganan segera mungkin. Menurut WHO (World Health Organization) atau badan kesehatan dunia terdapat 235 juta penduduk dunia yang menderita Asma dan akan terus bertambah selama tidak di ada pencegahan dan tidak tangani dengan baik.

2. Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang terjadi karena terganggunya kinerja jantung atau terdapatnya penyumbatan pada jantung yang menyebabkan jantung tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya di dunia karena dapat merenggut nyawa penderitanya kapan saja dan dimana saja. Terdapat beberapa gejala, tanda serta penyebab seseorang menderita penyakit jantung, seperti Obesitas, tekanan darah tinggi (hipertemsi), tingginya kolesterol dan perokok.

Gejala atau tanda dari penyakit jantung pada umumnya adalah rasa lelah yang berlebihan, nyeri pada dada, sesak nafas, detak jantung tidak teratur dan seringnya keluar keringat padahal tidak melakukan aktivitas apapun. Menurut penelitian, penderita penyakit jantung banyak di alami di USA yaitu 5 juta penderita dengan 400.000 sampai dengan 550.000 kasus baru muncul setiap tahunnya dan penyakit jantung atau kardiovaskular khususnya gagal jantung merupakan penyebab utama disabilitas, mordibitas dan kematian pada masyarakat terutama kaum lanjut usia.

3. Penggumpalan darah di Otak (Stroke)

Penggumpalan darah terdapat dua jenis, yaitu penggumpalan darah eksternal dan penggumpalan darah internal. Penggumpalan darah eksternal di sebabkan oleh trombosit dalam darah yang membentuk gumpalan darah untuk mencegah agar kita tidak kekurangan darah dan hal ini baik untuk tubuh sedangkan penggumpalan darah eksternal adalah gumpalan yang terbentuk karena sirkulasi peredaran darah yang buruk, luka, masalah jantung dan penuaan dini. Apabila penggumpalan darah itu terjadi di otak maka dapat menimbulkan hal yang fatal serta dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Gejala dan tanda dari penyakit ini adalah sakit kepala yang parah, kelumpuhan, penurunan kemampuan penglihatan, kejang dan sulit berbicara. Menurut penulis penelitian Brett Kissela dari University Cincinati College  of medicine di Ohio (Amerika) "Penyakit stroke manjadi lebih umum terjadi pada orang yang berusia lebih muda dengan perbandingan 1 : 5 dimana 1 dari 5 korban sekarang di bawah usia 55 tahun."

4. Penyakit ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita yang berfungsi sebagai sistem ekresi untuk mengeluarkan sisa-sisa zat metabolisme tubuh dalam bentuk urine (air seni). Penyakit ginjal adalah penyakit yang menyerang dan menggangu kinerja ginjal sebagai sistem ekresi dalam tubuh sehingga ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Banyak jenis penyakit ginjal yang harus kita ketahui yaitu di antaranya gagal ginjal, batu ginjal, pyelonephrits/infeksi ginjal dan glomerunephritis/peradangan pada ginjal.

Gejala dan ciri terdapatnya penyakit ginjal pada penderitanya adalah rasa mual, nyeri dan sakit saat buang air kecil, rasa sakit pada pinggang, buang air kecil di sertai darah, perubahan struktur warna pada air seni dan sering terbangun untuk buang air kecil di tengah malam. Menurut penelitian yang di pimpin oleh peneliti pusat Johns Hopskin Childrens "Penyakit ginjal di sebabkan oleh Autoimun Lupus mungkin dua kali lebih mematikan pada anak-anak yang di sebabkan oleh gangguan lain."

5. Kanker

Kanker adalah penyakit yang di sebabkan oleh terbelahnya sel-sel dalam tubuh di luar kendali. Kemudian sel-sel abnormal ini menyerang struktur jaringan terdekat atau berpindah ke struktur jaringan lain dengan masuk ke dalam pembuluh darah atau sistem limpatik. Penyebab sel-sel ini membelah diri secara terus menerus dan menyerang struktur jaringan tubuh sehingga menyebabkan kanker adalah gen yang tidak dapat mengendalikan pembelahan sel atau kerusakan yang tejadi pada kode genetik. terdapat beberapa jenis kanker yaitu, kanker hati, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker kolokteral yang masing-masing dari jenis-jenis penyakit kanker tersebut menyebabkan angka kematian yang sangat besar. Pada faktanya kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia dan terhitung 7.6 juta (13%) dari banyaknya angka kematian di tahun 2008 dan di prediksikan pada tahun 2030 terdapat 13,1 juta jiwa sekarat akibat penyakit kanker ini.

6. Diabetes Melitus

Diabetes adalah penyakit yang di sebabkan karena kurangya insulin sehingga meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh. Insulin merupakan zat yang di hasilkan oleh pankreas untuk mengolah zat glukosa dalam tubuh sehingga dapat menjadi energi dan makanan yang di konsumsi tidak dapat membantu sebab zat glukosa dalam darah tetap tidak bisa di proses menjadi tenaga sebagaimana mestinya sehingga kadar zat glukosa dalam tubuh terus meningkat dan terjadinya penumpukan dalam darah istilah peristiwa ini di sebut dengan hiperglikema. Gejala dan tanda dari penyakit diabetes ini yaitu, Sering haus dan minum, sering buang air kecil, cepat lelah dan berat badan menurun serta gejala tahap lanjutannya adalah sering mengalami kesemutan, berat badan turun dengan drastis dan luka yang tidak kunjung sembuh.

Menurut WHO jumlah penderita penyakit diabetes ini semakin mengkhawatirkan, sebab pada tahun 2000 terdapat 171.230.000 orang yang menderita penyakit diabetes dan di prediksikan pada tahun 2030 penderita penyakit diabetes akan meningkat pesat menjadi 366.210.100 atau naik 114% dalam kurun waktu 30 tahun dan Indonesia sendiri menjadi negara dengan peringkat ke-empat dunia sebagai negara yang pendudukya sebagian besar menderita penyakit diabetes yaitu pada tahun 2000 mencapai 8.426.000 dan di prediksikan pada tahun 2030 penderita penyakit diabetes di Indonesia mencapai 21.257.000 orang atau naik 152 % dalam kurun waktu 30 tahun.

Demikian informasi dari Penulis mengenai penyakit-penyakit berbahaya dan dapat merenggut nyawa kita kapan saja dan di mana saja. Penulis tidak sama sekali bermaksud untuk menakut-nakuti para pembaca  tetapi hanya agar kita dapat memahami penyakit-penyakit berbahaya tersebut sehingga kita dapat melakukan tindakan antisipasi serta menghindari dan meminimalisir resiko terkena penyakit-penyakti yang dapat mengancam nyawa kita.

Artikel terkait :