KHASIAT DI BALIK BERSIN


Setiap orang pasti pernah mengalami dan merasakan sensasi bersin. Bersin mempunyai beberapa khasiat yang luar biasa dan mungkin kebanyakan dari kita tidak mengetahui hal itu, karena terlalu membiasakan dan menyepelekan hal-hal kecil seperti itu. Disini Penulis akan berbagi ilmu kepada para pembaca mengenai khasiat di balik bersin di tinjau dari segi medis dan segi agama secara ringkas namun menarik dan mudah di pahami. Berikut uraian mengenai bersin :





1. Pengertian bersin

Bersin adalah proses keluarnya udara dengan keras dan cepat karena di sebabkan udara dingin, butiran debu, alergi atau terdeteksinya bakteri atau virus di sekitar hidung. Menurut Williams Firth Wells dalam kejadian bersin udara yang keluar bisa mencapai kecepatan 100 m/detik.

2. Penyebab terjadinya bersin

Bersin dapat terjadi karena beberapa sebab, yaitu :

- Bersin bisa di sebabkan karena udara dingin atau tubuh dalam keadaan dingin. Sebagai contoh apabila anda bersin di pagi hari, itu di sebabkan oleh udara dingin pada pagi hari yang membuat suhu tubuh menurun dan sensitif terhadap sesuatu yang berpengaruh pada syaraf hidung.

- Alergi juga dapat menjadi andil dalam terjadinya bersin. Apabila tubuh kita sensitif terhadap sesuatu (debu, virus atau bekateri) maka syaraf pada tubuh terutama hidung akan bereaksi untuk mengeluarkan benda asing yang terdeteksi oleh syaraf sekitar hidung.

3. Mekanisme terjadinya bersin

Mekanisme terjadnya bersin di mulai dari terangsangnya bagian-bagian yang peka dalam sistem pernafasan. Rangsangan tersebut di tangkap oleh kemoreseptor aferen dan sensor taktil melalui nervous pagus menuju sistem pusat pernafasan (medula oblongata). Sebagai contoh yaitu apabila seseorang sedang membersihkan ruangan yang penuh debu tanpa masker atau penutup mulut sehingga syaraf hidung terangsang oleh debu atau benda asing yang memasuki rongga hidung atau salurang pernafasan bagian bawah. kemudian pusat pernafasan (medula oblongata) mengirimkan sinyal atau perintah kepada tubuh untuk melakukan reflek bersin untuk mengeluarkan debu atau benda asing tersebut. 

4. Khasiat bersin di tinjau dari segi agama

Bersin dalam agama merupakan hal yang di sukai oleh Allah swt. Sebagimana Hadist Rasulullah saw.

"Sungguh Allah mencintai orang yang bersin dan membenci orang yang menguap, maka jika kalian bersin pujilah Allah, maka setiap orang yang mendengar pujian itu untuk menjawabnya dan adapun mengupa itu dari syeitan, maka lawanlah itu sekuat tenagamu. Dan apabila seseorang mengupa dan mengeluarkan bunyi aaaa..., maka syeitan pun tertawa karenanya." 
(HR. Abu Hurairah)

dengan membaca Hadit di atas sudah jelas bahwa Allah swt mencintai orang yang bersin yang pasti di dalam proses bersin tersbut mengandung banyak manfaat yang luar biasa bagi kita dan sebaiknya setelah bersin kita mengucap syukur atas nikmat bersin yang Allah swt berikan. Terdapat penelitian yang di lakukan oleh beberapa Mahasiswa Universitas Amerika mengenai bersin. Mereka ingin mengetahui mengapa orang muslim mengucap syukur dan saling mendoakan pada saat dan setelah bersin. Dan setelah di dapat hasil dari penelitian tersebut, ternyata pada saat bersin detak jantung manusia berhenti nol koma sekian detik. Dengan penelitian tersebut kita dapat mengerti betapa pentingnya mengucap syukur dan saling mendoakan pada saat dan setelah bersin, seperti mengucap Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) dan orang yang mendengar mendo'akan Yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu) dan orang yang bersin membalas do'a tersebut dengan mengucap Yahdiikumullah Wasyushlih Baalakum (Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaamu).

5. Khasiat bersin di tinjau dari segi medis 

Bersin dapat mengeluarkan ribuan bahkan puluhan ribu virus dan bakteri yang bersarang di dalam tubuh kita serta menjaga tubuh agar virus dan bakteri tersebut tidak masuk ke dalam sistem pernafasan lalu masuk ke dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan segala macam jenis penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.kita.