PENTINGNYA AIR DALAM KEHIDUPAN

Air merupakan salah satu elemen dari alam yang memiliki banyak manfaat dan fungsi bagi seluruh mahluk hidup di bumi. Dengan air, maka sebagian besar kebutuhan mahluk hidup terpenuhi, sehingga mereka dapat bertahan hidup, membersihkan diri maupun menghilangkan rasa dahaga. Tidak hanya itu, tetapi air juga merupakan habitat bagi mahluk-mahluk air, air tawar mauipun air laut, seperti ikan, kuda laut, udang, gurita dan fauna-fauna air lainnya.

Air juga merupakan komponen terbesar dalam tubuh yaitu sekitar 70-85% kandungan air dalam komponen utama sel, 83% dalam darah, kurang dari 10% dalam sel lemak, enzim, hormon, cairan lambung dan otot. Dengan demikian  kandungan tebesar dalam tubuh kita adalah air.

Disini penulis akan menjelaskan manfaat-manfaat air bagi manusia, di antaranya :

1. Mengeluarkan sisa-sisa hasil metabolisme

Pada saat kita mengkonsumsi suatu makanan, maka akan terdapat sisa-sisa zat dari makanan yang kita konsumsi tersebut yang nantinya akan mengendap di dalam tubuh. Apabila terus di biarkan, maka sisa-sisa zat makanan tersebut akan menumpuk dan mengganggu kinerja organ-organ yang terdapat dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan segala macam jenis penyakit. Namun, dengan meminum air, sisa-sisa zat pada makanan atau sisa-sisa metabolisme tersebut akan dapat di keluarkan melalui saluran cerna, saluran kemih dan saluran kulit dan napas.

2. Dapat mengatur suhu pada tubuh

Pada dasarnya suhu tubuh seseorang adalah hangat yang menjadi standar suhu normal, tetapi apabila tubuh kurang mendapat asupan air yang cukup, maka suhu tubuh dapat meningkat mencapai titik suhu yang di kategorikan panas pada suhuh tubuh manusia. Namun, dengan mendapatkan asupan air yang cukup akan dapat menstabilkan suhu tubuh dan juga dapat membantu mendinginkan suhu tubuh melalui penguapan dari paru-paru dan permukaan kulit dengan cara membawa kelebihan panas keluar tubuh. Hal tersebut dapat tejadi karena air dapat berperan atau berfungsi menghantarkan panas keseluruh tubuh, sehingga suhu tubuh tetap stabil dan juga air dapat menyerap panas dalam tubuh.

3. Membantu pertumbuhan dan regenerasi sel-sel

Pada tubuh manusia terdapat banyak sel-sel yang menunjang kesehatan tubuh. Apabila terdapat sel-sel yang tidak produktif atau mati, maka akan dapat mengganggu kinerja sel-sel lainnya, sehingga dapat berpengaruh terhadap produktivitas tubuh. Ternyata solusi untuk memperbaiki sel-sel yang tidak produktif atau sel-sel mati adalah air. Dengan meminum air dalam takaran yang cukup akan dapat membantu dalam pertumbuhan dan regenerasi sel-sel secara efektif dan air juga dapat menjadi sarana transportasi berbagai zat dengan kutub ion dan sifat yang berbeda antara zat yang satu dengan yang lainnya.

4. Pelumas pada sendi-sendi

Sendi-sendi yang terdapat pada tubuh dapat bekerja dan berfungsi dengan baik karena peranan kandungan air yang terdapat dalam tubuh kita. Air dapat berfungsi sebagai pelumas dalam bentuk cairan pada sendi, sehingga sendi-sendi pada tubuh dapat bekerja, bergerak dan berfungsi dengan baik dan air juga dapat meredakan gesekan yang terjadi antara sendi-sendi.

5. Bantalan bagi jaringan tubuh

Dengan meminum air pada takaran yang cukup, maka dapat menjaga keadaan jaringan tubuh dalam kondisi baik. Karena air dapat menjadi bantalan untuk menahan getaran atau bantalan tahan getar pada jaringan-jaringan dalam tubuh, seperti mata, medulia spinalis, otak dan kantung amnion dalam rahim.

6. Membantu proses dalam sistem pencernaan dan melarutkan kandungan gizi pada makanan

Setiap harinya manusia mengkonsumsi makanan sebagai sumber tenaga dan untuk bertahan hidup. Namun, tenyata air juga di perlukan bagi proses setelah mengkonsmsi makanan. Air berperan atau membantu pada produksi air liur saat makanan berada di dalam mulut dan makanan tersebut masuk ke dalam kerongkongan dan sampai pada lambung untuk di cerna. Air membantu untuk melarutkan zat-zat pada makanan agar mudah untuk di cerna dan melancarkan sistem pencernaan.

7. Membantu dalam proses pernapasan.

Setiap mahluk hidup yang bernyawa pasti bernapas. Dari manusia. flora dan fauna juga tidak terlepas dari bernapas. Dengan air, maka dapat membantu proses pernapasan, karena air dapat menjadi sarana transportasi oksigen dalam tubuh dan karbondioksida saat mengeluarkan atau menghembuskan nafas.