OLAHRAGA SIMBOL KESEHATAN JIWA DAN RAGA

Olahraga merupakan penunjang dalam kehidupan bagi kesehatan jiwa dan raga. Selain memang baik untuk tubuh, Olahraga juga ternyata juga baik untuk jiwa. karena di balik tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Kebanyakan orang tidak dapat meluangkan waktunya untuk olahraga atau malas berolahraga karena pasti akan melelahkan dan berkeringat.


Padahal sangat pentingya kita untuk berolahraga, karena olahraga bukan hanya untuk membentuk badan, mengecangkan otot atau menyehatkan badan, tetapi juga masih banyak manfaat lain dalam berolahraga. Disini penulis akan menguraikan beberapa manfaat olahraga secara spesifik mungkin agar pembaca dapat mengerti betapa pentingnya melakukan olahraga untuk kesehatan jiwa dan raga. Berikut adalah uraian manfaat olahraga dalam kehidupan kita :

1. Menyehatkan jiwa dan raga

Olahraga memiliki manfaat utama yaitu dapat menyehatkan badan. Namun di samping itu olahraga juga dapat menjaga kesehatan jiwa. Dimana terdapat perbedaan antara orang yang rutin berolahraga dengan yang tidak pernah berolahraga. Orang yang sering berolahraga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat, karena tubuhnya terbiasa melakukan aktivitas-aktivitas yang menimbulkan efek-efek positif pada setiap gerakan dalam berolahraga, sedangkan orang yang tidak pernah berolahraga cenderung memilki daya tahan tubuh yang lemah, gampang terkena virus penyakit dan kondisi tubuhnya akan semakin buruk apabila orang tersebut mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak bergizi. Dan olahraga juga dapat menjaga kesehatan jiwa. karena dalam olahraga bukan hanya tubuh yang bergerak tetapi juga otak berpikir sehingga berolahraga dapat menyeimbangkan antara tubuh dan pikiran.

2. Mengencangkan otot, membentuk tubuh dan memperkuat stamina

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang ideal atau proporsional agar sedap jika di pandang oleh orang lain dan agar terhindar dari bahaya obesitas. Dalam manfaat olahraga sendiri dapat membentuk tubuh, mengencangkan otot serta memperkuat stamina anda. Apabila anda melakukan olahraga tersebut dengan rutin dan benar, makan bukan impian lagi anda para laki-laki maupun perempuan mempunyai tubuh yang ideal atau proporsional yang anda dan orang banyak idam-idamkan, tentu juga harus juga di dukung oleh pola makan yang baik, teratur dan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi seperti, rajin memakan sayur-mayur dan daging ayam atau ikan yang masih segar agar dapat menunjang anda dalam membentuk tubuh, otot, stamina serta membakar lemak jahat dalam tubuh anda.

3. Dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif anak-anak

Bagi anda yang sudah mempunyai buah hati, dapat membiasakan buah hati anda untuk rutin berolahraga agar dapat menimbulkan efek-efek positif pada anak anda seperti, peningkatan kemampuan otak, daya ingat serta fungsi kognitif pada anak anda. Dalam penelitian yang di lakukan pada anak berumur 9-10 tahun, yang rutin dan di biasakan berolahraga memiliki kemajuan memori yang signifikan. Riset ini di pimpin oleh Dr. Charles Hillman yang melibatkan 49 siswa sekolah dasar.

Para siswa di minta mengingat peta dalam ipad yang berisikan negara-negara fiktif. Siswa di beri dua cara untuk mempelajari dan mengingat peta tersebut. cara yang pertama adalah dengan mempelajari dan mengingatnya secara sederhana, sementara cara yang kedua adalah dengan belajar di selingi kuis untuk memperkuat apa yang sedang mereka pelajari. Kedua kelompok kemudian kembali ke fasilitas penelitian dan besoknya mereka di minta untuk mengingat apa yang di pelajari kemarin. Mencoba mengingat sesuatu tanpa tes tampaknya lebih sulit. Namun aspek inilah yang di sempurnakan dan di perbaiki lewat latihan olahraga yang bersifat aerobik. Anak dengan tingkat latihan yang tinggi menghasilkan nilai 20% lebih tinggi dari pada kelompok anak yang hanya belajar.

4. Menghindarkan terjadinya penurunan kinerja organ-organ tubuh

Pada seseorang yang sudah lanjut usia biasanya terjadi penurunan kinerja pada organ-organ tubuh. Hal itu di sebabkan karena terjadinya penuaan sel-sel dalam tubuh dan penumpukan zat-zat dari makanan-makanan yang di konsumsi, dan makanan tersebut mengandung kandungan yang tidak baik untuk tubuh sehingga kinerja dari organ tubuh kita semakin menurun bahkan bisa menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Namun dengan membiasakan dan melakukan olahraga secara rutin dapat meminimalisir hal buruk itu tetrjadi pada kita. Karena pada dasarnya dengan berolahraga akan tetap menjaga stabilitas kinerja organ-organ tubuh sehingga organ-organ penting di dalam tubuh anda masih dapat berfungsi dengan baik walaupun usia anda sudah tidak muda lagi, tetapi setidaknya anda masih dalam kondisi yang sehat dan prima karena rutin berolahraga.

5. Menurunkan tingkat cemas dan stress

Setiap orang pasti sering merasakan stress apabila terkait dengan suatu permasalahan tertentu, dan stress dapat menganggu aktivitas dan rutinitas anda pada kesehariannya. Salah satu cara yang efektif dan efisien dalam mengurangi tingkat stress adalah dengan berolahraga. Dimana dengan anda berolahraga akan dapat membantu anda dalam mengattur dan mengendalikan emosi, menenangkan pikiran dan menghilangkan kegelisahan pada diri anda.

Penelitian yang di laporkan dalam anxiety, stress and coping an International Journal tahun 2008 mencatat bahwa olahraga bisa menjadi alat yang potensial dalam mengatasi gejala-gejala kecemasan. Dalam penelitian tersebut partisipan yang rutin melakukan olahraga memiliki indeks kecemasan yang lebih rendah di bandingkan dengan orang yang tidak pernah olahraga. Hal ini dapat menunjukan bahwa olahraga dapat menjadi pengobatan yang layak untuk menghilangkan stress dan kecemasan. Dalam teorinya dengan berolahraga, tubuh bereaksi begitupun dengan otak.Sebagai reaksinya maka otak akan melepaskan banyak hormon termasuk hormon endorphin dan hormon neurotransmitter yang dapat mempengaruhi suasana hati kita, sehingga terciptanya ketenangan dan kenyamanan dalam diri anda.

Sekian dari penulis mengenai manfaat-manfaat berolahraga, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. dan persepsikan dalam pikiran kita bahwa olahraga merupakan simbol kesehatan jiwa dan raga. Apabila anda menginginkan kondisi dan bentuk tubuh yang bagus dan sehat serta kondisi mental dan jiwa yang luar biasan kuat maka rajin-rajinlah berolahraga.

Artikel pilihan :

- EFEK MEROKOK PADA KESEHATAN TUBUH

- PENYAKIT-PENYAKIT YANG DAPAT MERENGGUT NYAWA ANDA

- BAHAYA MEMINUM MINUMAN BER-ALKOHOL

- KHASIAT DI BALIK BERSIN

- PENTINGNYA AIR DALAM KEHIDUPAN

- MANFAAT DONOR DARAH BAGI KESEHATAN TUBUH

- CARA ALAMI YANG EFEKTIF MENAMBAH TINGGI BADAN