EFEK MEROKOK PADA KESEHATAN TUBUH

Merokok sudah menjadi hal yang lumrah bagi kebanyakan orang. Dari kalangan orang yang sudah lanjut usia sampai dengan anak-anak yang masih duduk di tingkat Sekolah Dasar. Mereka tidak tahu apa yang akan terjadi pada tubuh dan kesehatan mereka karena efek merokok itu sendiri. Padahal dalam bungkus rokok terdapat himbauan yng sudah jelas bahwa rokok itu berbahaya bagi kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan banyak penyakit yang merenggut keselamatan dan nyawa seseorang. Bahkan himbauan tersebut sekarang berbunyi "MEROKOK MEMBUNUHMU".



Efek dari merokok tidak di rasakan secara langsung dan cepat tetapi efeknya akan terasa dalam jangka waktu panjang. Terdapat 4000 lebih zat adiktif yang terkandung dalam rokok, dimana dari 4000 lebih zat berbahaya tersebut sebagian besar adalah racun dan zat karsinogen (zat pemicu kanker). Zat-zat adiktif tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Penelitian WHO (World Health Organization) kematian akibat merokok rata-rata dalam satu jamnya merenggut 560 nyawa di selutuh dunia, maka dalam sehari ada 13.440 orang yang meninggal karena rokok. Penulis akan menguraikan efek dan bahaya rokok pada kesehatan tubuh kita.

1. Menurunnya Produktivitas dan IQ Seseorang

Dari zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat menjadi penyebab menurunnya produktivitas dan IQ seseorang, karena terbaginya waktu antara beraktivitas dan merokok dan juga karena zat-zat kimia beracun yang terkandung dalam rokok dapat mengurangi kinerja pada tubuh dan pikiran. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sheba Medical Centre di rumah sakit Tel Hashomer di Israel yang di pimpin oleh Dr. Mark Weiser menunjukan bahwa orang yang merokok satu bungkus atau lebih dalam sehari tingkat kemampuan IQ 7,5 kali lebih rendah di bandingkan dengan orang yang tidak merokok. dimana orang yang merokok memiliki IQ 94 dan orang yang tidak merokok memiliki IQ 101 padahal mereka dalam lingkungan dan ruang lingkup yang sama, namun perbedaan tingkat IQ mereka sangat mencolok.

2. Merusak organ-organ penting dalam tubuh

manusia memilki organ-organ penting yang menunjang kehidupan manusia itu sendiri. Tetapi apabila seseorang merokok, maka setiap hirupan rokok tersebut menyebabkan ada ribuan zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya adalah zat karsinogen yang masuk melalui tenggorokan hingga organ-organ terkecil dalam tubuh kita  Organ-organ penting dalam tubuh kita yang rusak akibat merokok, antata lain :

-Paru-paru

Penyakit paru-paru yang di sebabkan oleh rokok adalah kanker paru-paru, bronkitis dan penyakit paru-paru obstruktif kronik. Menurut WHO penyakit kanker paru-paru yang di alami atau di derita oleh manusia 80% di sebabkan oleh zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok

-Penis

Di bungkus rokok terdapat himbauan kesehatan bahwa rokok dapat menyebabkan Impotensi. Kemampuan ereksi pria akan berkurang apabila dia merokok dan kandungan zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mempengaruhi kemampuan pria untuk terangsang secara seksual. Terdapat penelitian yang berbicara demkian.

-Hati

Organ hati dalam tubuh kita berfungsi sebagai penetral racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun karena merokok dapat meningkatkan resiko kanker secara dramatis pada hati. Menurut WHO data terakhir menunjukan bahwa sebagian besar penyebab kanker hati adalah karena merokok.

-Jantung

Jantung sangat berperan dalam tubuh kita dalam memompa aliran darah ke seluruh tubuh. dengan berhentinya denyutan jantung maka akan berhenti juga hidup kita. Seseorang yang merokok akan di pastikan mempunya resiko tinggi terkena serangan jantung, karena zat-zat kimia beracun yang terkandung dalam rokok dapat menyumbat aliran darah sehingga darah tidak dapat mengalir ke selutuh tubuh dengan lancar dan terjadinya serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian atau lumpuhnya seseorang.

3. Menurunkan tingkat kesuburan

Kandungan zar-zat kimia yang terkandung di dalam rokok dapat menurunkan tingkat kesuburan pada wanita maupun pria. Menurut penelitian para wanita yang merokok 60 % menurun tingkat kesuburannya jika di bandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Hal ini di sebabkan karena zat nikotin dalam rokok dapat menggangu pematangan telur, tingkat ovulasi dan tingkat kesuburan, selain itu dalam rokok juga terdapat tembakau yang dapat mengubah lendir serviks yang dapat membunuh sperma pada pria maupun wanita. Dan merokok dapat meningkatakan resiko terkenanya kanker serviks yang untuk penyembuhannya memerlukan pembedahan dan pengangkatan rahim serta saluran sel telur yang dapat menyebabkan kemandulan permanen pada wanita.

4. Merugikan orang sekitar

Apabila kita merokok dalam ruang lingkup umum, maka orang-orang di sekitar kita akan menerima dampaknya. Karena asap yang di hasilkan oleh rokok dapat mengganggu kesehatan pernapasan orang yang menghirup asap rokok tersebut. Karena mereka perokok pasif yang menghisap asap rokok beresiko 3 kali lipat lebih besar di bandingkan dengan perokok aktif, dimana asap rokok dalam konsentrasi tinggi dapat lebih beracun, karena memiliki 2 kali lipat lebih besar zat nikotin dan tar, 3 kali lipat zat karsinogenik, 5 kali lipat kadar karbonmonoksida dan 50 kali jumlah amonia lebih banyak. Asap rokok yang terhirup oleh perokok pasif sangat berbahaya di bandingkan dengan rokok yang di hisap oleh perkokok aktif, karena asap tersebut merupakan pembakaran hasil tembakau yang tidak sempurna. Konsentrasi zat-zat kimia yang di hasilkan oleh asap rokok menumpuk di dalam tubuh perokok pasif karena tidak terfilter, sedangkan pada perokok aktif zat-zat kimia pada rokok tersebut terfilter oleh busa yang tedapat pada ujung rokok.

Dengan efek-efek negatif yang di hasilkan oleh rokok di atas, maka kita harusnya meningkatkan rasa kesadaran diri kita akan pentingnya menjaga kesehatan. Penulis berharap agar para pembaca dapat menghimbau atau menghindar dari orang-orang yang sedang merokok di dekat anda karena khawatir bagi anda yang tidak merokok akan menerima dampak yang lebih besar akibat berdekatan atau menghitup asap rokok dari teman, orang tua atau anggota anda yang sedang merokok.

Semoga informasi dari penulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan penulis berharap masukan dan kritik dari pembaca agar penulis dapat meningkatkan kualitas artikel selanjutnya yang penulis buat.