CARA MEMUNCULKAN SERTA MENGEMBANGKAN POTENSI DAN KEMAMPUAN YANG TERPENDAM

Setiap orang pasti memiliki potensi dan kemampuan yang terkadang masih terpendam dalam dirinya dan belum di ketahui oleh orang itu sendiri. Tidak ada manusia yang di ciptakan tanpa mempunyai kelebihan yang akan dapat menunjang hidupnya, tetapi dalam memunculkan potensi dan kemampuan tersebut di perlukan kerja keras dan semangat tinggi untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Disini penulis akan berbagi mengenai cara memunculkan potensi dan kemampuan yang terpendam dalam diri anda. Berikut cara-caranya, antar lain :

1.       Kenali dan pahami seluk beluk diri anda

Sebagian besar orang cuek terhadap dirinya sehingga ia tidak mengerti dan tidak dapat menggali hal-hal apa saja yang dapat menjadi potensi dan kemampuan, serta tidak tahu mengenai rahasia besar apa yang ada pada dirinya sendiri yang mungkin dapat mengubah nasib dan kondisi hidupnya. Seseorang yang benar-benar mengenali dan memahami dirinya dengan baik, maka akan mengerti apa-apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangannnya, serta terus menggali potensi dan kemampuan yang terpendam sehingga orang tersebut dapat memanfaatkan potensi dan kemampuannya itu dengan sebaik-baiknya untuk mengubah keadaan hidupnya agar menjadi lebih baik.

Sebagai contoh seseorang yang mengerti dan memahami mengenai kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan dalam dirinya sehingga orang tersebut  memanfaatkan dan mengembangkan kelebihan-kelebihannya tentu hal tersebut dapat menjadi penunjang munculnya potensi dan kemampuan yang terpendam dalam dirinya dan menjadikan kekurangan dalam dirinya sebagai koreksi dan evaluasi sehingga dapat juga menunjang munculnya potensi dan kemampuan yang terpendam.

2.       Lakukan hal-hal positif yang belum pernah anda lakukan

Untuk dapat mencari potensi dan kemampuan anda yang terpendam, maka anda tidak bisa hanya berdiam diri menunggu tanda-tanda datangya potensi dan kemampuan muncul pada diri anda dengan sendirinya. Dengan melakukan hal-hal yang baru, dimana anda belum pernah melakukannya, maka mungkin salah satu atau banyak hal-hal baru tersebut  menyimpan rahasia potensi dan kemampuan anda yang tertidur dan terpendam selama ini, tentu hal-hal yang anda belum pernah melakukannya dan ingin anda lakukan tersebut harus memiliki nilai-nilai positif dan bermanfaat bagi diri anda sendiri dan orang lain.

Sebagai contoh jika anda seseorang yang belum pernah memasak tetapi anda sebenarnya suka dengan sesuatu yang berkaitan dengan masakan dari menonton acara tv tentang kompetisi masak atau suka wisata kuliner serta sangat kritis mengenai rasa, bumbu atau kualitas masakan, maka mungkin potensi dan kemampuan anda salah satunya adalah memasak dan anda akan memahami dan mengerti hal itu pada saat anda mulai memasak.

3.       Rasa ingin tahu yang besar

Seseorang yang memiliki rasa keingintahuan yang besar, maka akan berusaha mencari tahu apa yang sedang di minati atau apa yang menjadi pusat perhatian dalam pikirannya. Biasanya orang-orang seperti ini dapat lebih cepat menemukan potensi dan kemampuan dalam dirinya yang terpendam dalam kata lain dengan mempunyai sifat rasa ingin tahu yang besar maka ia memiliki motivasi atau dorongan yang besar untuk menguasai sesuatu yang menarik bagi dirinya.

Sebagai contoh ia melihat seorang pesulap yang memainkan trik menghilangkan uang atau logam dan ia tertarik dengan hal tersebut serta mencari tahu trik sulap tersebut dengan menanyakan langsung kepada pesulapnya atau mencari di media internet atau media sosial lainnya dan mempraktekannya sehingga ia juga bisa melakukan trik sulap tersebut, dalam contoh lain dalam hal akademik, ada seorang siswa yang sama sekali tidak mengerti rumus matematika yang rumit bagi dirinya dan dengan rasa keinginan tahuannnya yang besar maka ia belajar dengan giat dengan menanyakan kepada teman yang mengerti sehingga ia dapat mengerjakan soal matematika tersebut dengan benar.

4.       Memahami dan mempertajam potensi serta kemampuan yang sudah ada

Seseorang yang sudah memahami sebagian besar potensi dan kemampuan yang sudah ada dalam dirinya dan mempertajam atau meningkatkan potensi dan kemampuan tersebut dengan serius, maka mungkin dari hal tersebut akan menimbulkan potensi dan kemampuan lain yang berkaitan dengan potensi dan kemampuan yang sudah ada sebelumnya.

Sebagai contoh seseorang yang mempunyai hobbi memasak dan masakannya di sukai oleh teman atau keluarganya maka ia memutuskan untuk merintis usaha dan menjadikan potensi dan kemampuan tersebut untuk berbisnis di bidang kuliner dan usaha atau bisnisnya sukses dan dapat berkemnbang dengan pesat sehingga selain memasak ia juga mempunyai potensi dan kemampuan dalam bidang usaha atau bisnis yang berkaitan dengan potensi dan kemampuannya dalam hal memasak.

5.       Kerja keras dan pantang menyerah

Terkadang kebanyakan dari kita kurang berusaha dan mudah menyerah hanya dalam melakukan sesekali hal yang belum berhasil kita lakukan atau kita gagal dalam melakukannya. Sedangkan kita belum tahu apakah itu merupakan salah satu potensi dan kemampuan yang terpendam  kalau hanya melakukannya sesekali lalu kita gagal atau tidak berhasil dalam melakukannya sehingga kita tidak berusaha keras untuk melakunya kembali. Dengan berusaha keras dan sifat pantang menyerah, maka seseorang dapat memaksimalkan potensi dan kemampuan yang agak sulit untuk di munculkan dalam diri kita sehingga memerlukan usaha keras dan sifat pantang menyerah untuk meraihnya.

Sebagai contoh seorang wirausaha yang bangkrut atau mengalami kerugian besar dalam usahanya tetapi ia tidak menyerah justru seorang wirausaha tersebut malah semakin semangat dan berusaha keras untuk kembali membangun atau mengembangkan usahanya sehingga dengan kerja keras dan sifat pantang menyerah dapat mengembangkan usahanya lebih besar dari usaha yang sebelumnya.