DAHSYATNYA KHASIAT BERPUASA

Puasa merupakan kegiatan yang tidak membolehkannya seseorang memasukan sesuatu (makanan dan minuman) ke mulutnya sehungga menyebabkan ia kenyang atau kembung. Bahkan puasa dapat di jadikan terapi atau obat yang dapat menyembuhkan penyakit-penyakit dan mencegah serta menjaga agar kita selalu dalam keadaan prima dan sehat. agar kita dapat mengerti dashyatnya khasiat berpuasa, maka penulis akan menguaraikan dahsyatnya khasiat berpuasa dari segi medis maupun agama, yaitu :

1. Puasa dapat menyembuhkan segala penyakit

Aristtoteles seorang pemikir hebat dari Yunani berpendapat bahwa puasa dapat menjadi obat dari segala penyakit. Dan Mc fadon seorang ahli kesehatan dari amerika mengatakan, setiap orang perlu puasa, karena jika tidak maka ia akan sakit karena racun makanan berkumpul dalam tubuh dan membuatnya seperti orang sakit, memberatkan tubuhnya dan mengurangi vitalitasnya. apabila ia berpuasa maka berat badannya akan menurun dan racun-racun ini terurai dari tubuhnya dan keluar sehingga tubuhnya menjadi bersih secara sempurna lalu bobot tubuhnya akan kembali naik dan sel-selnya kembali baru dalam waktu tidak lebih 20  hari setelah berhenti puasa. Pada saat itu ia merasakan vitalitas dan kekuatan yang tidak pernah di rasakan sebelumnya.

Islam sendiri juga sudah menganjurkan Puasa sejak dahulu terutama puasa yang di lakukan sebulan penuh  pada bulan suci Ramadhan. sebagaimana firman Allah swt :

"Di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah di wajibkan kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (QS. Al-Baqarah : 183)

jelas bahwa Islam telah menganjurkan bahkan mewajibkan kita berpuasa jauh sebelum ilmu medis modern menemukan manfaat dan khasiat berpuasa.

2. Menjaga kesehatan tubuh

Selain dapat mengobati segala jenis penyakit, ternyata berpuasa juga dapat menyehatkan tubuh. Dengan berpuasa maka kondisi tubuh kita akan lebih kuat dan bertenaga, karena manusia dalam keadaan tidak berpuasa akan sering mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung racun yang berbahaya untuk tubuh seperti, junk food atau makanan instant dalam kemasan yang mengandung banyak zat-zat yang tidak meyehatkan dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal ini telah di tegaskan dengan dalil dari sebuah hadist mengenai puasa yaitu di riwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu'aim yang menyatakan :

"Berpuasalah maka kamu akan sehat"

3. Melancarkan sistem pencernaan

Seringkali manusia mengalami permasalahan dengan organ pencernaanya. Hal ini di sebabkan karena terlalu letihnya organ pencernaan dalam beraktifitas ketika kita memakan sesuatu. Apalagi kita terkadang terlalu sering makan, di mulai dari sarapan, makan siang, makan malam dan belum lagi nyemil makanan ringan yang membuat organ pencernaan kita bekerja ekstra keras dalam mencerna semua makanan yang masuk ke dalam perut. Tentu hal ini harus kita perhatikan karena dengan terganggunya sistem pencernaan dalam tubuh kita dapat menyebabkan banyak penyakit, antara lain :

- Gastritis (peradangan akut atau kronis pada lambung)
- Hepatitis (Infeksi Virus pada Hati)
- Diare
- Konstipasi (Sembelit)
- Disentri (penyakit yang timbul karena usus yang meradang karena terinfeksi kuman, amoeba atau bakteri)
- Aspendisitis (Peradangan Apendiks)
- Maag (Luka pada lambung)
- Radang usus buntu
- Demam Tifoid
- Radang dinding lambung

dan masih banyak lagi penyakit-penyakit yang timbul akibat terganggunya sistem dan organ pencernaan dalam tubuh. dan dengan berpuasa maka bisa menjadi pencegahan timbulnya penyakit-penyakit tersebut.

4. Meningkatkan Immun atau sistem kekebalan tubuh.

Sistem immun sangat penting dan di perlukan oleh tubuh kita, karena sistem immun atau sistem kekebalan tubuh ini dapat melindungi, membentengi dan mencegah tubuh kita dari segala Virus, kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. dan penelitian studi di amerika menunjukan bahwa dengan berpuasa dapat meregenerasi sel-sel kekebalan tubuh yang tidak di perlukan terutama sel-sel yang telah rusak " kata Valter Longo dari University of southern california" dan selama studi, para meneliti menemukan bahwa pada orang yang berpuasa beberapa hari dalam dua bulan memaksa tubuh ke mode hidup dengan menggunakan cadangan gula dan lemak pada tingkat optimal sebagai sumber energi, kemudian tubuh mengirimkan sinyal kepada sel induk untuk menumbuhkan dan membangun kembali seluruh sistem. "Dengan sisitem rusak berat akibat kemoterapi atau penuaan, berpuasa dapat menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang baru."

5. Mendekatkan diri kepada sang Pencipta

Puasa juga dapat di lakukan atas dasar ketaqwaan kita kepada Allah swt. Sebagaimana firman Allah swt:

"Di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah di wajibkan kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (QS. Al-Baqarah : 183)

Seperti pada bulan Ramadhan, kita sebagai umat muslim di wajibkan puasa satu bulan penuh dari subuh (sebelum matahari terbit) sampai dengan maghrib (saat terbenamnya matahari) demi mendapatkan pengampunan, karunia dan Rahmat Allah swt dan Rasulullah saw pun selain berpuasa di bulan Ramadhan Beliau juga gemar berpuasa sunah di hari senin dan kamis. Sebagaimana sabda Rasulullah saw :

"Berbagai amalan di hadapkan (pada Allah) pada hari senin dan kamis, maka Aku suka jika amalanku di hadapkan sedangkan Aku berpuasa." (H.R. Tirmidzi) 

Sungguh banyak hikmah yang tersimpan dalam berpuasa dan juga di balik puasa itu sendiri banyak mengandung manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan jiwa.

dari uraian yang sudah penulis sampaikan di atas, semoga dapat bermanfaat serta menambah ilmu dan wawasan kita dalam hal agama maupun dalam hal lainnya.

Artikel terkait :