CARA MENGATASI KURANGYA RASA PERCAYA DIRI



Sebagian orang mempunyai permasalahan kurangnya rasa percaya diri. Hal ini tentu dapat menjadi permasalahan yang serius bagi orang tersebut, karena dengan kurangya rasa percaya diri pada diri seseorang, maka akan dapat berpengaruh terhadap aktivitas, rutinitas dan kegiatan orang tersebut sehingga terganggunya kelancaran dalam mencapai tujuan. 

Seseorang yang tidak mempunyai rasa percaya diri biasanya mudah menyerah dan putus asa dalam kehidupannya sehari-hari. Dan hal tersebut yang harus di hindari dan di atasi agar kita dapat menjadi pribadi yang kuat dan optimis dalam melakukan sesuatu. 

Disini Penulis akan membagi informasi mengenai hal-hal yang dapat mengatasi rasa kurang percaya diri agar anda dapat menjadi seseorang yang lebih baik dan mampu bersaing dengan orang-orang yang mempunyai rasa percaya diri atau rasa optimis yang tinggi. Berikut cara-cara untuk mengatasi rasa kurang percaya diri.

1.  Biasakan berpendapat atau berkomunikasi dengan orang banyak

Seseorang yang terbiasa bekomunikasi atau berpendapat di hadapan orang banyak akan mendapatkan peningkatan keberanian yang signifikan dalam dirinya. Tanpa di sadari secara perlahan timbul keberanian dalam diri untuk menyalurkan pemikirannya kepada orang lain, sehingga dengan itu dapat menjadi metode yang efektif dan efisien bagi anda yang mempunyai rasa kurang percaya diri atau bahkan tidak percaya diri dalam melakukan sesuatu.

2.   Kuasai diri anda 

Salah satu faktor atau penyebab kurangya rasa percaya diri pada diri anda adalah karena seseorang tersebut tidak dapat mengendalikan atau menguasai emosi dan pikirannya, sehingga terjadi benturan antara suara hati dan pikiran. Hal ini tentu  dapat mengakibatkan tidak fokusnya anda dalam melakukan sesuatu sehingga timbulah rasa takut, khawatir, gugup dan rasa-rasa ketidaknyamanan lainnya yang  dapat menghambat anda dalam melakukan sesuatu. Karena pada dasarnya  kita sebagai manusia dalam melakukan semua aktivitas berawal dari proses pikiran lalu di aktualisasikan pada gerakan dan tindakan. Untuk mengatasi  hal ini, anda dapat mulai melatih untuk menguasai hati dan pikiran anda, agar dapat berjalan sesuai dengan kemauan anda, sehingga anda dapat melakukan segala sesuatunya dengan lancar serta sesuai kehendak dan kemauan diri anda.

3.    Berteman dengan orang-orang yang aktif

Berteman merupakan hal yang penting dalam membentuk pribadi dan karakter seseorang. Baik, buruk dan aktif atau tidaknya seseorang dapat di pengaruhi oleh teman dan lingkungan sekitar, . Sehingga hal ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri anda, maka dalam berteman sebaiknya lebih dominan kepada orang-orang yang cenderung aktif dan memiliki rasa percaya diri atau rasa optimisme yang tinggi, sehingga anda termotivasi serta terbiasa dengan karakter dan keaktifan mereka dan mungkin juga akan dapat berpengaruh pada diri anda, sehingga secara bertahap akan timbul rasa percaya diri atau rasa optimis atau setidaknya  meningkatkan rasa percaya diri atau rasa optimis dalam diri anda.

4.     Tingkatkan motivasi dalam mencapai cita-cita dan tujuan

Setiap orang tentunya memiliki cita-cita dan tujuan hidup yang ingin di capai, tetapi dalam mencapai cita-cita dan tujuan tersebut, maka anda harus mempunyai motivasi sebagai penunjang untuk menggapai hal tersebut. Bagi anda yang mempunyai permasalahan dengan kurangnya rasa percaya diri akan sulit dalam mencapai cita-cita dan tujuan yang sudah di rencanakan, maka untuk mengatasi hal ini anda harus meningkatkan motivasi  dalam diri, sehingga anda akan berusaha keras dan mengeyampingkan hal-hal yang dapat menghambat anda dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang sudah di rencanakan termasuk permasalahan kurangya rasa percaya diri dalam diri anda. 

5.      Sugestikan pada pikiran bahwa anda dapat melakukan sesuatu dengan baik

Dengan memikirkan bahwa anda dapat melakukan sesuatu dengan baik, maka hal tersebut dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anda. Sebagai contoh apabila anda seorang mahasiswa yang mempunyai tugas untuk mempresentasikan hasil skripsi yang telah anda buat dan anda mensugestikan dalam pikiran bahwa anda dapat melakukan itu dengan baik, maka  hal tersebut akan di proses oleh alam bawah sadar dan pikiran anda, sehingga anda hanya akan terkonsentrasi dan fokus pada apa yang sedang atau akan anda lakukan dan hilanglah atau terkesampingkan kurangya rasa percaya diri pada diri anda.

6.       Hilangkan rasa keragu-raguan

Ragu-ragu dalam melakukan sesuatu akan dapat membuat hilangnya atau menurunnya rasa percaya diri pada diri anda, maka dari itu apabila akan melakukan sesuatu hal, anda harus benar-benar menghilangkan rasa keragu-raguan yang masih mengganjal dan mengganggu dalam pikiran, sehingga anda tenang dan dapat melakukan sesuatu dengan baik tanpa terhambat oleh hilangnya  atau menurunnya  rasa percaya diri yang di sebabkan dari rasa ragu-ragu.