KEUTAMAAN DAN MANFAAT TERSENYUM



Tersenyum merupakan proses yang berawal dari visual (penglihatan) maupun pendengaran yang di proses ke otak lalu otak mengirimkan pesan kepada syaraf-syaraf di area wajah akibat suatu keadaan bahagia yang di alami. Tersenyum juga merupakan penggambaran kebahagiaan atau untuk menunjukan keramahan kepada orang lain.

Kebanyakan orang tidak mengetahui mengenai keutamaan dan manfaat tersenyum di tinjau dari segi kesehatan jiwa dan raga. Padahal banyak sekali keutamaan dan manfaat yang di dapat dari aktivitas tersenyum yang akan dapat menjadi penunjang dan pengisi dalam kehidupan anda sehari-hari.

Disini penulis akan berbagi informasi mengenai keutamaan dan manfaat tersenyum untuk kesehatan jiwa dan raga.

1. Menghilangkan stress

Dalam kondisi tertekan atau terbebani oleh suatu permasalahan yang di hadapi, akan dapat membuat seseorang menjadi stress atau depresi sehingga juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan jiwa. Namun dengan tersenyum, maka akan dapat terhindar atau bahkan menghilangkan rasa stress berkepanjangan yang dapat berpengaruh buruk terhadap aktivitas dan rutinitas dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah penelitian di University Of Kansas menyebutkan bahwa keuntungan dari tersenyum dengan melihat berbagai jenis senyuman. Hal itu dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatasi stress yang di hadapinya.

2. Awet Muda

Kebanyakan dari kita wajahnya terlihat lebih tua dengan usia yang sebenarnya masih terbilang muda. Mungkin hal tersebut di sebabkan karena anda kurang tersenyum atau jarang sekali tersenyum, sehingga syaraf-syaraf di area wajah anda menjadi pasif dan menyebabkan timbulnya keriput dan penuaan lainnya. Dengan anda tersenyum, maka dapat membuat anda awet muda dan tampak lebih muda dari usia anda yang sebenarnya. Percaya atau tidak ketika anda tersenyum maka sel-sel yang terdapat di dalam tubuh mulai beregenerasi dengan cepat sehingga dapat menggantikan sel-sel yang sudah mati. Dan dengan anda tersenyum, maka sekitar 600 lebih syaraf-syaraf di area wajah akan tergerak dan dapat membuat anda terhindar dari kerutan-kerutan di wajah pada usia muda dan tentunya membuat anda awet muda dan tampak lebih muda.

3. Meredakan dan menghilangkan rasa sakit

Rasa sakit yang di alami seseorang karena terluka atau suatu penyakit dapat di redakan bahkan di hilangkan dengan tersenyum. Pada saat anda tersenyum, maka terdapat hormone yang meningkat yaitu hormone endorphin. Hormone Endorphin ini merupakan hormone yang dapat meredakan dan menghilangkan rasa sakit yang sedang anda alami. Jadi perbanyaklah tersenyum pada saat anda merasakan sakit.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekbalan tubuh merupakan salah satu unsur penting yang terdapat di dalam tubuh kita, yang berfungsi sebagai tameng atau pelindung bagi tubuh dari serangan virus, bakteri maupun kuman yang masuk ke dalam tubuh. Dengan tersenyum, maka anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini di karenakan ketika anda tersenyum maka tubuh anda akan merasa lebih rileks, sehingga daya tahan tubuh anda akan meningkatkan seritin dengan aktivitas tersenuym anda .

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Percaya diri merupakan hal penting sebagai penunjang dalam kehidupan anda sehari-hari. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, maka dapat menjadikan anda sebagai pribadi yang berani dan tangguh. Dan tentu dengan rasa percaya diri dapat menjadi sarana bagi kesuksesan anda. Dengan anda tersenyum maka dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu permasalahan di hidup anda.

6. Menyejukan suasana hati

Tersenyum akan dapat membuat suasana hati anda lebih baik. Selalu upayakan tersenyum di saat anda sedang merasakan kesulitan maupun kesedihan dan tentunya terus berpikir positif, sehingga anda akan merasa lebih baik dan tidak terpuruk karena kesulitan, kesedihan dan permasalahan yang sedang terjadi dalam hidup anda.

7. Memperpanjang usia

Kebanyakan orang ingin mempunyai usia yang panjang agar dapat menikmati hidup lebih lama. Ternyata rahasia panjang umur sederhana yaitu dengan tersenyum. Kaitan antar umur panjang dan senyum ini di ungkapkan oleh peneliti dalam hasil penelitian yang di muat dalam JURNAL PSYCHOLOGICAL SCIENCE. Penemuan ini menambah bukti bahwa hidup dengan kebahagiaan dan kegembiraan akan memberi pengaruh kuat bagi kualitas kesehatan jiwa raga dan harapan hidup lebih lama.

8. Memperbanyak pahala

Dengan memperbanyak senyum kepada orang lain, maka juga akan memperbanyak nilai pahala anda, Karena dengan tersenyum maka anda menunjukkan keramahan, kebahagaian dan keceriaan kepada orang lain sehingga dapat memberikan rasa senang terhadap orang tersebut. Bahkan Rasulullah saw selalu menganjurkan umatnya untuk tersenyum kepada umatnya, karena tersenyum memiliki keutamaan-keutamaan dalam pandangan Islam. Rasulullah saw bersabda :

"Senyummu ketika berjumpa saudaramu adalah ibadah" (HR. Al-Baihaqi)

"Senyum manismu di hadapan saudaramu dan orang lain adalah sedekah" (HR. At-Tirmizi)

Dengan Hadist di atas jelas menunjukan bahwa senyum adalah ibadah dan dapat juga menjadi bentuk sedekah.