CARA MEMANFAATKAN WAKTU DENGAN BAIK


Waktu merupakan barometer kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari tidak akan dan tidak ada yang terlepas dari waktu, maka kehidupan kita selalu berkaitan dengan waktu dan waktu menjadi hal yang selalu kita khawatirkan. Bahkan banyak orang yang sengsara atau menderita dalam kehidupannya karena tidak bisanya ia menagtur waktu dengan baik.

Pada artikel ini penulis akan menyampaikan cara memanfaatkan waktu dengan baik untuk para pembaca agar kehidupan kita dapat berjalan sesuai dengan apa yang sudah  kita impikan dan cita-citakan. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menggunakan waktu yang kita punya dengan sebaik-baiknya, antara lain :

1.      Utamakan kegiatan yang penting

Setiap orang sudah tentu mempunyai kegiatan prioritas yang rutin di lakukan sehari-hari, seperti ibadah, bekerja, dan menuntut ilmu. Itulah kegiatan rutin yang penting untuk manusia di mana dengan kegiatan tersebut kita dapat berkomunikasi dengan orang banyak, mendaparkan penghasilan, mendapatkan ilmu serta kegiatan rutin tersebut bisa anda jadikan sebagai hal yang menyenangkan untuk anda apabila melakukannya dengan tulus ikhlas dan dengan tanpa beban. Kegiatan-kegiatan penting tersebut tidak boleh di abaikan dan harus di laksanakan dengan baik agar tidak menjadi beban dan penyesalan di kemudian hari.

2.      Agendakan kegiatan Anda dengan teliti

Banyak orang yang melakukan rutinitasnya tanpa membuat agenda atau merencanakannya terlebih dahulu, sehingga terkadang banyak yang membuang-buang waktu untuk hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat. Hal ini yang harus kita hindari agar waktu yang kita punya tidak terbuang dengan sia-sia, salah satu caranya adalah dengan membuat daftar agenda dari kegiatan rutinitas yang penting sampai dengan kegiatan-kegiatan kecil. Contohnya dalam sehari kita mempunyai waktu 24 jam dan kita menggunakan 16 jam untuk kegiatan rutin dan istirahat, maka dalam sehari itu kita masih mempunyai waktu lebih yaitu sekitar 8 (delapan) jam yang bisa kita manfaatkan dengan hal-hal yang kita sukai atau menambah wawasan seperti nonton berita tv, membaca, membersihkan kamar atau menghibur diri dengan hobi yang kita sukai atau rekreasi, dengan begitu kita dapat kegiatan yang menyenangkan dan tetap memilki nilai manfaat untuk kita.

3.      Jangan tidur terlalu lama dan hilangkan gaya bermalas-malasan

Tidur merupakan kebutuhan fisik manusia agar dapat kembali bugar dan prima dalam melakukan kegiatan dan rutinitas sehari-hari, tetapi terlalu banyak tidur juga tidak bagus dalam pengaturan waktu hidup kita. Waktu yang ideal untuk tidur dan beristirahat adalah 8 jam dalam sehari. Apabila kita menggunakan waktu tidur dan istirahat kita lebih dari 8 (delapan) jam, maka di khawatirkan kita akan menyia-nyiakan waktu, sehingga waktu yang seharusnya kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat akan menjadi terbuang karena gaya bermalas-malasan. Padahal kalau kita hitung secara matematik waktu yang kita miliki dalam sehari yaitu 24 jam, lalu di gunakan untuk tidur dengan waktu yang ideal yaitu 8 jam dalam sehari, maka kita telah menggunakan sepertiga waktu hidup kita untuk tidur. Bayangkan jika umur kita hanya sampai pada 60 tahun dan sepertiganya dari 60 tahun itu di gunakan untuk tidur, maka 20 tahun waktu yang kita gunakan untuk tidur dan beristirahat, sehingga waktu real yang kita punya untuk beraktivitas hanya 40 tahun. Jadi buanglah gaya bermalas-malasan anda supaya anda dapat menggunakan dan menmanfaatkan waktu yang anda punya dengan sebaik-baiknya.

4.      Rencanakan target dan tujuan dalam hidup anda.

Setiap orang tentu memiliki tujuan dalam hidupnya dan tujuan tersebut pasti terikat oleh waktu, agar kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik, buatlah tujuan dan target-target jangka panjang maupun jangka pendek dalam hidup anda yang dapat membuat anda memiliki motivasi dalam menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, misalnya seseorang yang ingin membeli mobil, karena keinginannya untuk membeli mobil yang di cita-citakan, maka orang tersebut mulai menabung dengan menyisihkan sebagian penghasilannya setiap bulan sampai dengan uang itu cukup untuk membeli mobil yang di cita-citakan tersebut sesuai dengan waktu yang sudah di tentukan dan di rencanakan. Dalam contoh lain, terdapat pasangan yang sudah cukup umur dan seirus dalam berhubungan, lalu keduanya memutuskan untuk menikah, maka dalam mengaktualisasikan pernikahan tersebut tentu salah satu faktor yang harus di perhatikan yakni, pasangan tersebut beserta keluarganya harus menentukan tanggal dan waktu untuk prosesi lamaran dan persiapan dalam melaksanakan pernikahan tersebut. Jadi dengan anda membuat sejumlah daftar mengenai tujuan dan target hidup anda, maka anda akan dapat sangat menghargai waktu dan mencapai apa yang anda tuju dan apa yang anda targetkan.