CARA-CARA AGAR DAPAT BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK

Setiap orang dalam melakukan aktivitas, rutinitas, menyampaikan perasaan, pemikiran dan sebagainya tidak terlepas dari komunikasi. Segala sesuatu dalam kehidupan selalu memerlukan komunikasi agar segala sesuatunya berjalan sesuai dengan keinginan dan tujuan yang di maksud. Namun, kebanyakan orang meremehkan cara berkomunikasi dengan baik, sehingga dalam kehidupan orang tersebut selalu bermasalah dengan penyebab kurang baik dalam membangun komunikasi dengan orang lain atau orang di sekitarnya. Tercatat banyak kasus permasalahan yang terjadi akibat tidak dapat berkomunikasi dengan baik, dari kasus pecahnya rumah tangga sampai kasus antar instansi pemerintah.


Disini penulis akan membahas mengenai cara agar dapat berkomunikasi dengan baik, agar terhindar dari segala macam bentuk permasalahan akibat tidak dapat berkomunikasi dengan baik.

1. Belajar dari seseorang yang lebih tua

Tidak ada salahnya belajar untuk dapat berkomunikasi dengan baik, apalagi kalau belajar dengan seseorang yang lebih tua dari kita. Kenapa di sarankan belajar berkomunikasi dengan orang yang lebih tua? karena biasanya orang yang lebih tua, lebih bijak dan berpengalaman mengenai cara berkomunikasi yang baik kepada orang lain.

2. Perluas pergaulan anda

Dengan memperbanyak teman, tentu kita akan mendapat pelajaran mengenai macam-macam dan perbedaan cara berkomunikasi pada masing-masing orang. Dimana di antara orang-orang tersebut terdapat seseorang atau beberapa orang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik, sehingga kita dapat mencontoh dan mempelajari kemampuan berkomunikasi darinya.

3. Mengikuti seminar yang membahas terkait dengan komunikasi

Banyak seminar-seminar yang membahas mengenai cara agar dapat berkomunikasi dengan baik dan membangun komunikasi yang baik kepada orang lain dan orang di sekitar. Dengan anda mengkuti seminar tersebut, tentu anda akan menambah dan mendapatkan banyak ilmu mengenai cara berkomunikasi dan membangun komunikasi yang baik. Dan anda pun bisa bertanya pada pembicara atau narasumber mengenai hambatan yang sering anda hadapi dalam belajar berkomunikasi dengan baik. Pembicara dalam seminar biasanya adalah motivator maupun para pakar yang sudah mumpuni di bidangnya, sehingga pertanyaan-pertanyaan yang anda ajukan mengenai cara berkomunikasi yang baik akan terjawab dengan jelas dan memuaskan.

4. Perbanyak kosa kata yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)

Dalam berkomunikasi yang baik memang tidak harus dan tidak khusus menggunakan kata-kata yang formal atau resmi, tetapi juga tidak ada salahnya apabila kita memperbanyak kosa kata sesuai dengan EYD untuk menambah kualitas gaya bahasa dan berbicara agar terlihat lebih menarik bagi orang lain.

5. Mendengar pidato orang-orang ternama

Pidato yang biasa di sampaikan dan kita lihat di media televisi oleh orang-orang ternama, seperti pejabat-pejabat negara maupun orang-orang yang mempunyai taraf pendidikan tinggi akan menambah ilmu kita dalam berkoumunikasi. Apa yang menjadi topik pada pidato tersebut, seperti permasalahan-permasalahan negara atau pengetahuan mengenai suatu bidang ilmu tertentu yang di sajikan dengan tata bahasa yang baik, sehingga pidato tersebut terlihat bermutu dan berkualitas. Dan dari pidato tersebut kita dapat mengambil hal-hal yang bermanfaat dan dapat membantu kita dalam belajar berkonumikasi yang baik.

6. Perbanyak membaca buku

Buku merupakan salah satu sumber ilmu yang dapat secara langsung kita pelajari. Dengan membaca buku akan dapat menambah ilmu pengetahuan dan tata bahasa yang baik yang di gunakan dalam setiap buku yang kita baca secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang kita miliki.

Demikian informasi mengenai cara-cara gara dapat mempunyai kemampuan berkoumunikasi yang baik agar dapat mempermudah kita dalam menyelasaikan segala permasalahan yang sedang kita hadapi dan memudahkan kita dalam menyampaikan sesuatu. Semoga artikel ini juga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel terkait :