PESAN, ARTI DAN MAKNA KEHIDUPAN

Kehidupan merupakan proses di mana manusia menentukan baik atau buruknya kualitas dirinya di lihat dari sudut pandang agama, sosial dan budaya. Dalam kehidupan yang hanya sebentar ini, kita harus dapat memanfaatkan segala sesuatunya dengan semaksimal mungkin agar kehidupan yang kita jalani memiliki arti dan makna untuk kita dan bahkan untuk orang lain.



Penulis akan menyampaikan arti, makna dan pesan dari kehidupan kita. Yang mungkin akan dapat menyadarkan kita akan pentingnya menjalani kehidupan ini dengan sebaik-sebaiknya agar kelak dapat di contoh dan di teladani oleh keturunan kita maupun orang lain. Berikut arti, makna dan pesan dari kehidupan menurut Penulis :

1. Makna di balik kejadian-kejadian dalam kehidupan


 -    Syukuri

Kejadian apapun yang menimpa kita adalah tanda kecintaan Tuhan terhadap kita, karena dengan di berikannya ujian kepada kita dan apabila kita berhasil melewatinya, maka kita akan naik derajat dalam kedudukan di sisi-Nya.

-          Pelajari

Setiap kejadian atau peristiwa yang terjadi pasti memiliki makna dan pelajaran untuk kita dan tentunya secara sadar atau tidak sadar melatih kesabaran kita dalam menjalani kehidupan untuk masa yang akan datang.

-          Lakukan

Hal yang lebih baik untuk kita : Setelah mengalami kejadian pastilah kita menjadi pribadi yang lebih baik, lebih dewasa dan lebih bersabar.

Hal yang lebih baik untuk banyak orang : Efek dari perubahan yang lebih baik adalah lingkungan dan orang sekitar, dimana akan membawa perubahan juga terhadap lingkungan dan orang-orang sekitar kita.

Di restui oleh Tuhan : Apapun yang kita lakukan haruslah di restui oleh Allah swt, agar yang kita lakukan baik untuk kita maupun untuk orang lain akan memiliki nilai kebaikan dan pahala dan yang paling penting di restui oleh Allah swt.

2. Rumus menegur orang dengan baik agar tidak tersinggung.

Terkadang kita sebagai mahluk yang selalu lupa, khilaf dan salah sering menyakiti hati orang lain dengan ucapan yang kita lontarkan walaupun sebenarnya tidak semua ucapan itu mengandung makna negatif, tetapi sebenarnya malah ingin memperbaiki kualitas hidup seseorang itu, maka dalam menegur di perlukan cara yang baik agar tidak membuat orang yang kita tegur marah atau bahkan sakit hati. Berikut rumus menegur orang dengan baik dan agar tidak tersinggung :

X : Ketika terjadi X
Y : Saya merasa Y
Z : Karena saya ingin Z

Contoh :

X : Ketika kamu menaruh sepatu di bawah meja kerjaku
Y : Aku merasa itu mengganggu dalam bekerja karena terlihat tidak rapih.
Z : Karena Aku ingin meja kerjaku rapih sehingga Aku nyaman dalam bekerja.

3. Mengatur Mood dan Emosi

Kebanyakan orang sulit dalam mengatur emosi dan menjaga moodnya agar dapat berakktifitas dengan baik. Beeikut cara mengatur Mood dan Emosi :

-  Kata-kata : Kata-kata yang kita ucapkan dapat membuat dan mempengaruhi kita dalam hal mood dan emosi, dengan mengucapkan kata-kata yang tidak baik, maka emosi akan ikut melonjak dan timbulah rasa moody sehingga pentingnya mengucapkan kata-kata yang bersifat positif agar dapat meningkatkan motivasi dan semangat dalam beraktifitas dan terhindar dari sifat emosional dan rasa moody yang mengganggu.

-   Gerakan : Pergerakan yang kita lakukan dapat mempengaruhi mood dan emosi kita, karena gerakan merupakan proses berpikir otak yang dapat mempengaruhi keseluruhan termasuk mood dan emosi, maka dari itu lakukan gerakan-gerakan ringan untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan sifat moody dan emosional atau anda dapat berolahraga rutin untuk menyehatkan badan dan terhindar dari penyakit-penyakit.

-   Fokus : Apapun yang kita pikirkan juga dapat mempengaruhi mood dan emosi, karena apa yang kita pikirkan dan bayangkan dalam otak akan seperti dalam keadaan yang sebenarnya pada diri kita. Otak merupakan pengendali utama dalam tubuh kita sehingga apa yang kita pikirkan dalam otak akan menjadi penentu dalam mengendalikan emosi dan moody anda, maka anda harus mengendalikan pikiran anda sebaik mungkin ke arah hal-hal positif agar juga dapar berpengaruh terhadap emosi dan moody anda.

4. Gejolak kehidupan

Gejolak kehidupan adalah grafik untuk menggambarkan fluktuasi kondisi dan keadaan  kehidupan seseorang dari lahir sampai usianya sekarang ini.

Dari waktu ke waktu keadaan kehidupan kita akan bisa semakin membaik atau  memburuk tergantung dari motivasi dan usaha yang kita lakukan. Sebagai contoh kita beri nama Ali untuk seseorang yang keadaan dan kondisi hidupnya mengalami fluktuasi dari keadaan sedih menjadi bahagia.

Ali pada saat lahir sampai mencapai usia 5 tahun, Ia lahir dalam keluarga yang serba kekurangan. Dan Ia harus hidup dengan keprihatinan dan di saat yang sama atau pada usianya lima tahun, Ia di tinggal kedua orang tuanya menghadap sang Illahi. Ali lalu terus bersedih karena masih teringat kedua orang tuanya sampai menginjak usia 10 tahun. Dan pada saat menginjak usia 10 tahun, Ali tinggal bersama Paman dan Bibinya, dalam keadaan ini, Ali mulai bisa sedikit menghilangkan kesedihannya karena Paman dan Bibinya yang baik dan memberikan kasih sayang penuh kepada Ali sehingga mereka bagaikan pengganti kedua orang tuanya yang telah meninggal. Pada Usia 15 Tahun, Ali selalu berprestasi dalam hal Akademik sehingga pada saat lulus SMA, Ali berhasil mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi ternama pada saat usianya 20 tahun. Ali sangat bahagia dengan prestasi yang di raihnya begitupun dengan Paman dan Bibinya.

Pesan dari keadaan, kondisi dan kejadian kehidupan kita selama ini, yaitu :

-     Setiap waktu yang sudah terlewat tidak akan terulang kembali, namun kita dapat mengambil makna, pesan dan hikmah dari keadaan dan kejadian-kejadian yang telah terjadi.

-    Sebab akibat adalah hukum yang berlaku di dunia ini, karena apa yang kita lakukan kepada orang lain akan berbalik atau kembali menimpa kita seperti kata pepatah “Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai”

-   Tidak ada hal yang kebetulan di dunia ini. Percayalah bahwa apa yang terjadi kepada kita adalah untuk membawa ke arah yang lebih baik atau setidaknya memberikan kita peringatan akan sesuatu hal yang salah dan harus di perbaiki.

5. Pintar-pintar dalam memilih teman

Teman adalah seseorang yang dapat mempengaruhi diri kita dan dapat menentukan keadaan dan kondisi kehidupan kita kedepannya. Menghabiskan dengan orang terdekat termasuk teman akan memberikan pengaruh terhadap kualitas dan mungkin juga kepada penghasilan kita, karena orang yang terdekat dengan kita adalah pengaruh terkuat dan merupakan bagian dari kehidupan kita yang dapat menentukan dan mempengaruhi sebagian besar hal-hal yang akan kita dapatkan dalam kehidupan ini. Sebagai contoh, Pilih 5 sampai dengan 7 orang terdekat anda yang sering menghabiskan waktu dengan anda :

1.      Ali             = Rp. 3.000.000,- /Bulan
2.      Benny       = Rp. 5.000.000,- /Bulan
3.      Dika          = Rp. 10.000.000,- /Bulan
4.      Vino          = Rp. 7.000.000,- /Bulan
5.      Rani          = Rp. 2.500.000,- /Bulan

Total Akumulasi Rp. 27.500.000
Di bagi 5, Rp. 27.500.000 : 5 = Rp. 5.500.000,- (Gaji anda “sebagai contoh”)

Lalu Akumulasi penghasilan mereka dan di bagi sesuai dengan jumlah ke-5 orang teman anda seperti contoh di atas, maka itulah kurang lebih penghasilan anda saat ini.

Dan cara ini juga dapat menentukan kondisi kecerdasan dan kesehatan anda apabila di tinjau dari orang-orang terdekat anda seperti cara di atas.

Silakan di coba.....