3 CARA CEPAT MEMAHAMI KARAKTER DAN KEPRIBADIAN SESEORANG

Karakter dan kepribadian adalah suatu ciri yang di miliki oleh seseorang atau ekspresi jiwa seseorang yang terbentuk dari faktor keluarga maupun faktor lingkungan (pergaulan) yang terdiri dari kelebihan maupun keburukan yang dapat mempengaruhi sifat, perkataan, tindakan dan kebiasaan orang tersebut maupun orang lain di sekitarnya.

Dalam bersosialisasi dengan seseorang atau dengan orang banyak atau biasa di sebut dengan bergaul sebaiknya jangan hanya bersenda gurau, membicarkan hal-hal yang kurang penting atau menghabiskan waktu dengan sia-sia, tetapi sebaiknya kita juga dapat menganalisa atau bahkan dapat memahami karakter dan kepribadian seseorang, agar kita dapat mengerti mengenai apa-apa saja kelebihan maupun keburukan orang tersebut. Apabila kita telah dapat memahami karakter dan kepribadian seseorang, maka kita dapat mencontoh atau menteladani segala kebaikan-kebaikan yang merupakan bagian dari kelebihannya dan menghindari pengaruh buruk seseorang.

Terdapat 3 cara cepat dalam memahami karakter dan kepribadian seseorang, di antaranya :

1. Jadilah pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik untuk orang lain ternyata dapat secara tidak langsung menjadi cara cepat yang membuat kita memahami karakter dan kepribadian seseorang. Terkadang seseorang membutuhkan tempat bercerita dari teman atau kerabatnya untuk mendengarkan ceritanya mengenai pengalaman, kemampuan atau permasalahan yang sedang di hadapinya. Kita cukup meresponnya dengan menjadi pendengar yang baik, maka tentu kita dapat mengambil ilmu maupun memahami karakter dan kepribadiannya orang tersebut dari cerita yang dia utarakan. Karena dari cerita tersebut akan memperlihatkan secara tidak langsung gambaran mengenai karakter dan kepribadiannya yang dapat kita analisa lalu mengambil kesimpulan berdasarkan isi cerita mengenai dirinya dan orang di sekitarnya dari cerita yang dia sampaikan.

2. Perhatikan kebiasaannya

Aktivitas yang biasa di lakukan atau kebiasaan merupakan bagian dari penggambaran karakter maupun kepribadian dari seseorang. Dengan memperhatikan kebiasaannya, maka sedikit atau banyak dan cepat atau lambat anda akan dapat memahami sebagian karakter dan keprbadiannya. Sebagai contoh apabila anda mempunyai teman kuliah yang sering sekali telat masuk perkuliahan, maka tentu teman anda itu mempunyai karakter tidak disiplin terlepas dari penyebab lain mengapa dia sering telat masuk kelas pada saat perkuliahan.

3. Menjadi teman dekatnya

Dengan menjadi teman dekat dari seseorang, maka anda akan sering mengobrol, bermain dan menghabiskan waktu dengan orang tersebut, sehingga anda cepat atau lambat akan dapat memahami karakter dan kepribadiannya dengan baik. Sebagai contoh, Ali dan Rendi merupakan teman dekat dan sering pergi berekreasi atau mengerjakan sesuatu yang mereka sukai bersama-sama, sehingga dari kebersamaan mereka Ali mengetahui apa-apa yang menjadi keburukan dan kelebihan dan apa-apa yang di sukai maupun apa-apa yang tidak di sukai oleh Rendi begitupun sebaliknya Rendi juga mengetahui apa-apa yang menjadi kelebihan dan keburukan dan apa-apa yang di sukai maupun tidak di sukai oleh Ali.

Demikian informasi mengenai 3 cara cepat memahami karakter dan kepribadian seseorang. Semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi ahli dalam memahami karakter dan kepribadian seseorang untuk menteladani atau menghindari pengaruh-pengaruh buruk.

Artikel terkait :