PENTINGNYA SELALU BERPIKIR POSITIF

Berpikir positif merupakan daya pikir seseorang mengenai hal-hal yang baik tanpa adanya sangkaan dan keragu-raguan yang bersifat negatif serta ketidak percayaan diri seseorang terhadap sesuatu yang ingin atau hal yang akan di lakukan. 

Berpikir positif dapat menjadi penunjang bagi kehidupan kita, karena hal-hal yang akan di lakukan oleh manusia terlepas itu hal yang bersifat positif maupun negatif pertama kali akan timbul dan di proses oleh otak dan setelah itu baru di aktualisasikan melalui tindakan atau aktivitas. 

Jadi sangat pentingnya berpikir positif adalah agar hal-hal yang kita ingin atau akan kita lakukan selalu bernilai positif, sehingga dapat menguntungkan bagi orang lain maupun diri kita sendiri. 

Dan setelah penulis menguraikan sedikit mengenai pentingnya berpikir positif dalam paragraf di atas, maka sekarang penulis akan memberitahukan beberapa hal yang penting dari berpikir positif, antara lain : 

1. Menyehatkan Pikiran dan Tubuh

Berpikir positif dapat menyehatkan maupun menyegarkan pikiran dan tubuh. Hal ini bisa kita rasakan dalam suatu kondisi dimana pada saat kita memikirkan suatu hal dari segi kebaikan dan manfaatnya, maka kita dapat terhindar dari stress atau rasa di bebani yang dapat berpengaruh pada psikis. Sehingga kita tidak dapat berpikir secara jernih dan sehat yang cenderung akan dapat membawa kita kepada pemikiran negatif dan mengaktualisasikannya tanpa sepenuhnya hal itu berada dalam kendali diri kita. 

Dengan berpikir positif dapat membawa tubuh kita selalu dalam keadaan sehat dan prima, karena penyakit dalam tubuh juga dapat di sebabkan oleh pikiran yang tidak tenang dan dalam keadaan tekanan berpikir yang tinggi.

2.  Menciptakan rasa aman dan nyaman

Rasa aman dan nyaman merupakan suatu kondisi dimana dalam kehidupan seseorang terhindar dari rasa kekhawatiran dan ketakutan yang berlebihan. Sehingga orang tersebut dapat melakukan aktivitas, rutinitas dan kewajibannya dengan semaksimal dan sebaik mungkin, karena tidak terhalangi oleh pikiran-pikiran negatif yang dapat menghambatnya dalam mencapai suatu keberhasilan dan prestasi dalam ruang lingkup hidupnya. 

Rasa aman dan nyaman ini timbul dari pikiran-pikiran positif seseorang sehingga orang tersebut tidak terlalu khawatir dan takut atas apa yang hanya terlintas dalam pikiran negatifnya. Sehingga nilai-nilai positir yang ia pikirkan dalam pikirannya  lebih besar di bandingkan rasa kekhawatiran dan rasa ketakutan itu sendiri.

3.  Menjadikan keinginan dan cita-cita menjadi sebuah kenyataan

Apa yang kita cita-citakan tentunya akan sekuat mungkin kita raih walaupun harus melalui cara yang sulit dan menyusahkan. Tetapi sebenarnya apa yang kita cita-citakan dan apa yang kita inginkan akan dapat terwujud. Salah satunya dengan cara berpikir positif tentang hal-hal dan upaya-upaya mengenai apa yang kita lakukan untuk meraih dan menggapai apa yang di cita-citakan. Karena dalam diri kita terdapat alam bawah sadar yang dapat menerima, memproses dan mengaktualisasikan apa yang kita pikirkan selama kita percaya dan memanfaatkan potensi yang ada pada diri kita semaksimal mungkin dalam meraih apa yang di cita-citakan dan apa yang di inginkan.

4. Menularkan dan memotivasi orang lain

Setiap orang pasti memiliki permasalahan-permasalahan dalam hidupnya, terlepas permasalahan tersebut permasalahan yang ringan maupun permasalahan yang serius. Namun, dengan kita yang selalu mempunyai pemikiran yang positif, maka dapat menularkan pola pikir yang positif dan memotivasi orang tersebut agar lebih bijak dalam menghadapi dan menyelesaikannya permasalahannya, sehingga orang tersebut dapat menyelesaikan permasalahannya dengan baik tanpa menimbulkan permasalahan yang baru dengan menggunakan metode berpikir positif. Sebagai contoh, terdapat profesi Motivator yang dengan pemikiran, ilmu dan pengalamannya dapat memberikan jalan keluar serta penyeleaian apapun permasalahan-permasalahan yang di hadapi dan di alami oleh client-clientnya.

5.  Membawa pada keberhasilan dan kesuksesan

Keberhasilan dan kesuksesan merupakan tujuan dalam hidup serta kebanggaan tersendiri bagi yang sudah meraihnya. Tentu bukan hal yang mudah dalam mencapai sebuah keberhasilan dan kesuksesan dalam hidup, karena di perlukannya kerja keras, sifat pantang menyerah, do’a, usaha serta selalu berpikir positif. 

Apabila salah satu unsur tersebut tidak terpenuhi, maka akan sulit bahkan mustahil orang tersebut dapat meraih keberhasilan dan kesuksesannya. Dan salah satu unsur penting dalam mencapai suatu keberhasilan dan kesuksesan adalah dengan selalu berpikir positif. Karena dengan berpikir positif juga dapat memberikan gagasan, Ide yang cemerlang dan daya kreatifitas yang tinggi, sehingga menghasilkan sesuatu yang luar biasa dan dapat membawa seseorang kepada golongan, kelas dan sratifikasi sosial yang lebih tinggi.

Semua yang sudah penulis sampaikan di atas merupakan point-point penting yang harus kita fokuskan dan garis bawahi sebagai pengetahuan yang mungkin dapat mengubah pribadi kita menjadi pribadi yang selalu berpikir positif. 

Tuhan menciptakan kita berbeda dari mahluk-mahluk lainnya dan menjadikan kita manusia sebagai mahluk yang paling sempurna, karena manusia memiliki akal dan pikiran yang tidak di miliki oleh mahluk lainnya. Jadi manfaatkan pikiran kita untuk hal-hal yang positif, agar dapat berguna dan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.